Archive for the ‘PSYCO-CORNER’ Category

Cara Nolak Ajakan Temen, Nolak Temen, Nolakremajaislampos—BRO, jujur ajalagi kalo banyak di antara kita tuh yang susah atau berasa ribet kalo mau nolak temen. Nolak apaan maksudnya? Ya, misalnya ketika temen kita ngajakin pelesir ke suatu tempat, ngajakain berbuat sesuatu, pokoknya dari hal yang positif sampe bahkan sebaliknya.

Padahal ketika itu, karena satu alesan dan lain hal, kita ada kerjaan yang nggak kalah penting dan berharganya. Nah, dalam ilmu psikologi neh, keberanian untuk bilang “nggak” disebut juga dengan bersikap assertif. Gimana-gimananya kita untuk bisa bilang “nggak” dengan manis, coba aja kebet tips di bawah ini. LANJUT BACA

Advertisements

Bikin Rancangan Hidup, Rancangan Hidup, Planning, Hidupremajaislampos—MANUSIA mana yang nggak pengin sukses dunia dan akhirat. Hanya manusia bodoh (tapi bukan manusia bodoh-nya Ada Band. Beda orientasi). Nah, Pren, untuk mencapai dua kesuksesan itu, perlu didukung sama ikhtiar, do’a, and then tawakkal. Di surat Al Hasyr ayat 1 sendiri, Allah udah ngerekomendasiin kita untuk bikin perencanaan ke depan, perencanaan buat hari esok. Emang sih, manusia itu udah punya takdirnya masing-masing, tapi takdir itu sendiri sebenarnya merupakan ujung dari ikhtiar kita.

Lantas, hal-hal apa aja yang perlu diperhatikan waktu mau bikin perencanaan hidup kita ke depan? LANJUT BACA

Memaknai Kegagalan, Gagal, Kegagalan, Don't Give Up, Jangan Takut Gagal“Every adversity, every unpleasant circumstance, every failure, and every physical pain carries with it the seed of an equivalent benefit”.  (Ralp Waldo Emerson)

remajaislampos—NAH lho, ngerti nggak sih kalimat  di atas? Maksudnya, dalam hidup ini kita kan nggak bsia selalu mengharapkan bahwa kita bakalan sukses terus. Ada kalanya kita bakalan berada di bawah. Kadang kala pula kita nemuin kegagalan dalam usaha dn perjalanan kita sehari-hari. Cuma emang, nggak banyak juga dari kita yang bisa ngeliat kegagalan itu sebagai sesuatu yang positif. Hah, emang bisa?

Dudes, hampir semua orang sukses yang bener-bener berdiri pada kaki mereka sendiri, seengak-enggaknya pernah ngalamin kegagalan. Abraham Lincoln baru mencapai cita-cita politiknya pada usia 52 tahun;  Soichiro Honda yang sampai cacat tangannya gara-gara ngedesain piston; atau Werner Von Braun penemu roket yang menyebut angka kegagalan 65.121 kali!  LANJUT BACA

Maaf, Sebuah Kata Maaf, Arti Maaf, Tiada Maaf Bagimu, Ah Masa sih?, Maaf yahremajaislampos—Bro’ en Sis’, siapa sih yang mau disakitin sama orang lain? Bahkan, saking kagak enaknya disakitin or dizalimin, ampe dijadiin tembang segala ama Meggy Z: daripada sakit hati, lebih baik sakit di gigi…, biar tak mengapa.., rela-rela.. (hehehe) kayaknya cukup sampe di situ aja deh nyanyinya, ntar ente smua pada ngeluarin bakat terpendam, lagi….

Tapinya nih, sebagai orang yang beriman, kayaknya nggak banget deh kalo kita masih aja punya rasa dendam sama orang lain. Padahal, Nabi kita tercinta, masih aja tuh bersikap lemah lembut, meski sama orang yang sering nyelakain beliau. Padahal, Allah aja nerima pintu tobat seluas-luasnya buat hamba-hambanya yang udah bermaksiat pada-Nya. LANJUT BACA

Sabar, Jurus Jitu Menghadapi Cercaan, Cercaan, Hidup, Hinaanremajaislampos—Sesenang-senangnya hidup kita, seenggak-enggaknya, kayaknya semua kita pernah banget deh ngalamin dicerca sama orang. Mungkin bisa jadi dalam bentuk hinaan yang pedes. Tapi bisa juga dalam bentuk kritik halus yang membangun (dendam he he he….). Yah, namanya juga orang, nggak selamanya sih setuju dengan apa yang kita ucap dan lakukan. kemarahan dan kekeselan yang ditujuin orang lain terhadap kita adalah mungkin bisa jadi kita ngunggulin mereka dalam banyak hal; kebaikan, keilmuan, tindak tanduk atawa harta. Bukan begitu bukan? LANJUT BACA

Adaptasi , Adaptasi Dengan Lingkungan Baru, Cara Beradaptasiremajaislampos—Bro’ en Sis’, apa sih yang ente rasain waktu berada di lingkungan baru en nggak kenal sama orang-orang di sekeliling kita? Pastinya berbagai perasaan campur aduk deh, tumplek blek jadi satu. Ngerasa takut lah, bingung lah, en perasaan nggak enak lainnya sering banget kita alamin pada situasi kayak gini. Apalagi kalo di lingkungan baru itu yang kita temui adalah kondisi yang nggak save menurut kita, misalnya aja nih kita kedapetan teman sekelas yang kutu buku semua (jarang sampoan kali ye, bukunya…), atau mungkin kita dapet teman sekelas yang rata-rata dugemers or hedoners. Kalo kayak gini keadaannya, gimana ya cara asik ngadepinnya? LANJUT BACA

Sabar, Patience , Manfaat Kesabaranremajaislampos—Pren, berapa banyak orang-orang Indonesia yang nekat bunuh diri akhir-akhir ini. Beritanya bisa dilihat tuh di berita-berita yang ada dan sejenis tayangan lainnya di program acara yang terkadang kayaknya malah ngajakin pemirsanya buat nge-crime. Bisa jadi, harakiri yang dilakuin sama mereka itu terjadi karena pemahaman agama yang kurang, en kurangnya tertanam sikap sabar dalam diri ketika ngadepin suatu masalah. Akhirnya, pilihan bunuh diri pun terlintas begitu aja di pikiran. Lantas, gimana dengan kita nih yang ngakunya muslim. Gimana biar bisa sabar dalam ngadapin suatu masalah. ;ANJUT BACA