Jagalah Kesehatan Gigimu

Posted: October 11, 2012 in TIPS & TRICK
Tags: , ,

Merawat Gigi, Cara Merawat Gigi, Gigi Sehat, Jagalah Kesehatan Gigimuremajaislampos—CIRI-ciri orang dunia ketiga, salah satunya adalah agak bermasalah jika menyangkut menjaga kesehatan secara oral. Maksudnya apaan neh, jek? He he he ngaku aja dah ah. Gigi kita tuh kebanyakan nggak sehat-sehat amat.  Kalo warnanya yang nggak putih-putih amat, atau bau mulut yang rada gimanaaa gitu, he he he….  Maklum ajalah, kita sedari kecil nggak dibiasain menggosok gigi dengan teratur.

Asal tau aja dude, mulut kita sebenernya sumber penyakit paling lengkap. Konon, bakteri-bakteri kecil hidup berkoloni serta tinggal silih breganti di bagian mulut kita, dari gigi, gusi, bibir dan lidah. Meski menggosok gigi tiap hari, sama sekali nggak menjamin berhasil mengangkat seluruh bakteri. So nggak  heran kalau bagi mereka yang nggak rajin menjaga kebersihan gigi kerap kali terjangkit si sakit gigi. Iyalah, yang rajin aja masih juga kena, apalagi yang males-malesan? Pada dasarnya, tergantung masing-masing orang untuk melakukan usaha menyelamatkan gigi dari penyakit dan membuatnya tetap bersinar.

Untuk Kesehatan Gigi

Makan kacang-kacangan penuh setiap hari, seperti beras merah, oatmeal, dan roti gandum bukannya biji-bijian murni, seperti roti putih dan nasi. Makan sayur-sayuran sehat, termasuk yang berwarna hijau dan buah-buahan yang berwarna oranye.

Makan Berbagai Jenis Buah

Buah-buahan is the best, man! Semua jenis makanan ini memiliki gula alami, tapi kandungan air alami di dalam buah-buahanbener-bener mencairkan efek dari gula dan nggak ada yag bsia menggantikannya. Kurangi mengonsumsi soft drink, atau minuman yang memiliki kandungan gula lainnya, seperti teh atau kopi sepanjang hari.

Mencegah Kerusakan Gigi

Batasi antara makan dan ngemil. Makanan yang sangat asam bisa menyebabkan
demineralisasi (hilangnya zat garam secara berlebihan) dan erosi pada gigi. Gosoklah gigi setelah makan seengak-enggaknya sehari dua kali. Mengunyah permen karet tanpa gula yang mengandung xylitol (gula alami) dapat membantu mengurangi risiko gigi berlubang. []

Leave a comment