Ngobatin Luka Hati

Posted: September 7, 2012 in PSYCO-CORNER, TIPS & TRICK
Tags: , , ,

luka hati, mengobati luka hati, mengobati patah hati, patah hatiremajaislampos—NAMANYA juga orang hidup, nggak selamanya senang terus. Ada kalanya kita nemuin sesuatu yang bikin kita nggak enak dan sedih hati. Nah, sebenernya justru semua itu adalah bagian dari karunia Allah, supaya kita tahu bahwa sebenernya manusia sangat lemah dan sangat terbatas.

Nah, kalo dalam kondisi down begitu, musti harus kudu dan wajib (lah, diborong!) nayri jalan keluarnya. Dan itu nggak mahal, Sob! Coba deh liatin langkah-langkah di bawah ini, semoga ada manfaatnya.

1. Curhat.
Nyeritain masalah sama orang lain misalnya ortu, sahabat karib, ustazd dan orang-orang yang kita percayai, bakalan bisa mengurangi beban ketegangan pikiran. Tentu saja bukan untuk menceritakan kejelekan orang lain maupun membuka aib sendiri, tetapi kita arahkan untuk nyari solusi.

2. “Bertapa” sejenak
Kalo masalahnya terasa begitu sulit diatasi dan sudah kita coba berulang-ulang ternyata belum terselesaikan juga, coba deh kita slow down barang beberapa jenak. Ini bukan berarti kita meninggalkan masalah. Setelah agak tenang, kita coba untuk memetakan masalahnya dan ngumpulin fakta-fakta sehingga kita bisa bertindak lebih rasional.

3. Bantu-bantu orang lain.
Apa bener nih? Lagi susah kok malah coba bantuin orang lain? Sama sekali nggak salah. Dengan membantu orang lain, bisa jadi kita malah menemukan hikmah bahwa ternyata masih banyak orang lain yang lebih “malang” daripada kita, tapi mereka masih bisa menghadapinya. So, belajar deh dari itu.

4. Salamatus sodr (berlapang dada)
Konon ini adalah sikap hati yang paling hebat.  Kita bisa berlapang dada dengan apa yang terjadi dengan kita. Dengan tetep masih bisa ngeliat sisi positif pada musibah yang sedang terjadi pada kita.

5. Rekreasi.
Ngilangin kejenuhan adalah bagian dari cara menghindari kinflik dan ketegangan. Melihat pemandangan yang hijau, menikmati lembutnya pasir pantai, menghirup segarnya udara pagi sangat dianjurkan, hmm bisa bikin kita fresh. Bahkan akan lebih bagus kalo punya jadwal rutin.

6.  Keyakinan.
Sikap yakin kita bahwa segala cobaan hidup itu datangnya dari Allah dan bakalan  membuat kita lebih kuat, sangat penting untuk kita perhatikan. Dengan keyakinan ini, kita akan selalu menempatkan diri pada posisi positif walau apapun yang terjadi. Rumusnya adalah: Allah nggak akan memberikan cobaan melebihi kemampuan kita. [Awie]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s