Tips Menjaga Perasaan Orang Tua!

Posted: September 21, 2012 in TIPS & TRICK
Tags: , ,

Menjaga Perasaan Orang Lain, Menjaga Perasaan Orang Tua, Orang Tua, Jagalah Perasaan Orang Lainremajaislampos—ORANGTUA adalah sosok yang wajib kita hormati, terutama sekali Ibu kita. Bahkan, sampe ada hadits segala yang nyebutin bahwa keridhoan Allah tuh bergantung pada keridhaan orangtua. Makanya, kita mesti ngejaga perasaan orangtua en jangan skali-skali menyakiti mereka. Namun, apa jadinya kalau ortu kita tuh susah banget nerima pendapat kita (disangkanya kita masih anak ingusan gitu), apalagi kalo pendapat or tausiyah yang kita sampaikan itu bersumber dari ajaran Islam yang mulia. Mau tau trik-trik yang bisa dilakuin biar ortu “nurut” sama apa-apa yang kita sampaikan. Jabanin deh kiat-kiatnya di bawah eni.

  1. Letakkanlah buku yang berhubungan erat dengan tausiyah yang kita sampaikan di tempat mereka biasa duduk-duduk. Misalnya aja, akhir-akhir ini kita lagi gencar-gencarnya ngajak ibu tuk ngenain jilbab, but beliau sulit banget tuh. Nah, kita bisa meletakkan buku tentang kewajiban berjilbab bagi seorang muslimah di tempat beliau biasa bersantai, misalnya aja di ruang TV.
  2. Berikan alasan-alasan rasional yang sifatnya umum, usahain nggak ngehubung-hubungin dulu sama agama. Misalnya aja, ortu agak-agak rewel kalo kita (akhwat misalnya) pake kaos kaki segala ke warung. Kita bisa bilang, untuk ngelindungi kaki dari terik matahari en biar nggak belang. Atawa bisa juga nyari alasan lain yang lebih rasional. Biar nggak mubadzir beli kaos kaki misalnya. ;p
  3. Dengan mencontohkan secara langsung, kalau perlu, kita nggak usah pake acara cuap-cuap segala. Misalnya aja, kita selalu berusaha untuk nggak lepas dari shalat sunnah rawatib setelah ngerjain shalat fardhu, tanpa merengek-rengek ke mereka untuk ngelakuin hal itu juga.
  4. Sengaja melontarkan opini ke mereka. Usahain senatural mungkin, tanpa ada kesan menggurui. Kalau bisa, ketika melontarkan opini yang kesannya nggak sengaja itu, kita pilih suasana yang lagi nge-friend nge-friend-nya sama mereka.

Nah, Pren, insya Allah kalo kita ngelakuin hal di atas secara bertahap en dengan permainan cantik pula, ortu akan lebih openmind en mo nerima apa yang dibawa sama risalah Islam yang mulia ini. Keep on trying! [Awie]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s