Makanan Kaleng, gimana cara bikinya?

Posted: October 6, 2012 in DID YOU KNOW?, IPTEK
Tags: , ,

Makanan Kaleng, Cara Pembuatan Makanan Kaleng, Gimana cara pembuatan Makanan Kaleng, Kemasanremajaislampos—DUDE, secara jaman sekarang seperti kita semua tau, bukan aja minuman yang dikalengin. Tapi juga makanan. Mulai dari nasi, ikan segerm buah-buahan, sampe biskuit. Pokoknya sesuai banget dengan jaman sekarang yang serbainstant, serba mudah dan serba cepet.

Nah sebenernya, udah dari tempo doeloe banget, manusia udah mencoba berbagai cara untuk membuat makanan tetep bisa seger lebih lama. Sebelom dikenal teknologi yang sekarang ini, cara jadul yang digunain buwat ngawetin makanan adalah dengan mengeringkan, menggarami, en mengasapi. Emang, cara ini mampu menghambat bakteri merusak makanan. Namun kelemahannya, rasa makanan yang diawetin itu jadi berubah. Kalo nggak rada-rada pait, yah agak-agak gimana gitulah.

Latnas, kenapa sih makanan tuh bisa awet dalam kaleng? Jawabannya adalah makanan yang dipanasin dan disimpan di dalam kaleng kedap udara bisa tetep seger dalam beberapa bulan. Kenapa juga bisa begitu? Jawabnya, karena udara nggak dapat masuk ke dalam kaleng yang kedap udara itu. Alhasil, makanan yang tersimpan di dalamnya pun nggak bisa dicapai oleh kuman.

Seperti yang udah dibilangin tadi, namanya juga makanan yang bakalan disimpen dalam waktu yang lama berbulan-bulan, tentu aja kaleng yang dipake sebagai kemasannya bukan kaleng sembarangan. Biasanya, kaleng terbuat dari baja yang dilapisi timah atawa aluminium. Di pabrik, proses pengalengan makanan ngelewatin beberapa langkah. Yang pertama banget jelas nyiapin makanan yang mau dikalengin. Kedua, memasukkannya ke dalam kaleng, lalu ketiga menghampaudarain kaleng. Selesai sampe di sini? Tentu aja nggak. Sesudah kaleng dihampaudarain, kemudian ditutup, dipanasin agar suci hama, didinginin, en lalu terakhir dikemas sedemikian rupa hingga siap dipasarin deh.

Bagi keluarga yang bener-bener sibuk, makanan kalengan emang terkadang sangat ngebantu. Maklum praktis gitu lho. Sok aja pikirin, Tinggal dipanasin sebentar dengan membubuhi sedikit bumbu, udah deh siap disantap. Ente yang ikhwan pun bisa ngelakuin hal sepele itu. Kayak mie intant itu. Boleh-boleh aja.

Tapi, kalau bisa jangan terlalu sering. Sesehat, seseger, danns eenak apapun, nggak sedikit makanan dalam kaleng yang ditambahi bahan pengawet. Nah, as we all know too, bahan pengawet inilah yang sama sekali nggak baik buat kesehatan kita. Kalo bisa sih, bilangin aja sama ummi, kalo masih sempet masak, mendingan masak aja lah.. selain irit, kesehatannya pastilah terjamin. [Indah]

DID U KNOW?

Pada tahun 1810,  Nicolas Appert, seorang warga Prancis yang berprofesi sebagai pembuat permen membuat makanan kaleng pertama. Tetapi adalah dua orang pengusaha asal Inggris yang kemudian manfaatin ide Appert itu untuk membuka pabrik pengalengan makanan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s