Najib Al-Kailani, Jiwa Dokter dan Sastrawan ada dalam Dirinya

Posted: October 1, 2012 in Uncategorized
Tags: , ,

Dokter, Najib Al-Kailani, Sastrawanremajaislampos—Pren, ente mustinya udah familiar ama yang namanya Forum Lingkar Pena di Indonesia. Nih komunitas emang banyak melahirkan penulis-penulis muda en produktif. Novel en kumpulan cerpen terbitan FLP sekarang udah banyak beredar di toko-toko buku. Bikin semua orang jadi penasaran ama cerita-ceritanya yang Islami tapi tetep meremaja. Nggak heran, orang-orang dibalik FLP kian kebanjiran pujian. Nama-nama penulis atawa sastrawan Islam udah mulai akrab di kuping kita, sebut aja Helvy Tiana Rosa, Sakti Wibowo, Asma Nadia, Syamsa Hawa, sampe Shofwan Al-Banna en Salim A. Fillah. Dibanding mereka, emang kita udah kenal duluan ama Kahlil Gibran, J.K. Rowling, Charles Dickens, en so on. Mereka para penulis Barat yang notabene udah ngeluarin karya yang mendunia.

Masalahnya, pengetahuan kita soal sastrawan Islam nagri juga jadi terbatasi. Kalo emang nggak sering gaul ama dunia Islam, wuihhh…jangan-jangan kita bisa beranggapan sastra Islam di nagri itu nggak ada. Salah besar banget! Salah satu sastrawan yang berorientasi ke Islam en bahkan mendedikasikan karya sastranya buat kejayaan Islam adalah dr. Najib Al-Kailani. Yap!! Beliau tuh seorang dokter yang juga dikasih bakat sastra, coba aja kita kenalan lebih jauh ama beliau.

Akrab dengan Penjara

Taon 1931, di desa Syarsyabah, Najib lahir dari keluarga petani di pedalaman Mesir. Taon 1949, lulus dari Tsanawiyah, en then ngelanjutin kuliah di Fakultas Kedokteran Universitas Kairo. Belum lulus jadi dokter, pas semester terakhir, yaitu taon 1955, Najib dipenjara. Alasannya? Coz terlibat ama Ikhwanul Muslimin! Akhirnya, Najib melewati kehidupan di penjara dengan berbagai macam siksaan. Belum lagi, nggak cuma satu penjara yang disinggahi Najib, ada Penjara Asiyuth, Penjara Al-Qanathir, penjara umum Mesir, Penjara Kairo, Abu Zabal, en Thurrah. Taon 1959, beliau dibebasin coz kesehatannya memburuk, kena penyakit syaraf kaki! Abis sembuh, beliau ngelanjutin kuliahnya di tempat yang sama. Pas lulus taon 1960, beliau langsung jadi dokter sambil nulis novel en drama. Taon 1965, si Gamal Abden Nasheer ngeluarin perintah buat menangkap semua orang yang pernah dipenjara. Akhirnya, Najib ikut terpilih en masuk penjara lagi. Waktu Perang Haziran taon 1967, beliau dibebasin bersamaan ama kekalahan Mesir di bulan Juni.

Otomatis, penderitaan beliau waktu di penjara jadi punya pengaruh besar buat beliau. Salah satunya, ia jadi benci banget ama yang namanya kezhaliman en kesewenang-wenangan. Semuanya itu tercermin di karya-karyanya.

Sastrawan Jenius

Najib Al-Kailani emang pantas digelari sebagai sastrawan jenius. Produktivitas beliau dalam karya sastra bener-bener Subhanallah, trus lagi keberagaman tema yang diangkat bener-bener nunjukkin keunikan beliau.

Banyak orang yang menilai bahwa seni en sastra itu bertentangan ama agama. Ternyata, menurut dokter Najib ini, nggak ada tuh yang namanya kontradiksi antara seni, sastra, en agama. Beliau malah secara gamblang ngeliat kalo opini kayak gitu sengaja direkayasa ama orang yang dendam kepada Islam atawa orang yang nggak paham ama syariat Islam yang toleran. Soalnya, setiap muslim kan terdiri dari ruh en jasad, en nggak boleh menolak kesenangan en kenikmatan dari kedua aspek itu, pastinya selama nggak keluar dari etika en akhlak Islam, fahim nggak??

Dulunya, pertama kali terjun ke dunia sastra, Najib memulai dengan nulis syair. Syair tentang politik en curhatnya beliau. Eh, ternyata waktu itu ada perlombaan yang diadain ama Departemen Pendidikan en Pengajaran, so mulai deh beliau nulis novel yang judulnya Ath-Thariq ath-Thawil, isinya tuh tentang Perang Dunia II en pengaruhnya ama rakyat Mesir, terutama di pedesaan. Nggak taunya, karya pertamanya itu dapat juara pertama! Subhanallah. Padahal Guys, waktu itu beliau masih di dalam penjara, en nggak ada seorang pun yang tau kalo itu tuh Najib yang nulis soalnya beliau pake nama samaran. Sampe pas pengumuman, baru deh orang-orang tau kalo yang nulis itu ternyata narapidana!

Tema-tema yang diangkat Najib nggak pernah berisi amoral, hedonisme, en apalagi pornografi! Dia tuh lebih banyak memperhatikan kondisi bangsa-bangsa Islam en dunia Islam. Tau nggak kalo beliau pernah nulis tentang Indonesia? Judulnya Adzra’ Jakarta. Nih novel udah diterjemahin ke dalam bahasa Indonesia. Isinya ngegambarin perang dahsyat antara komunis en bangsa muslim Indonesia yang menelan korban sampe seperempat juta orang!

Seabreg Karyanya

Nggak afdol emang kalo ngomongin sastrawan tapi nggak ngebahas karya-karya yang udah dihasilin ama beliau. Selama hidupnya, beliau udah nulis lebih dari tujuh puluh buku novel, kisah, syair, kritik, pemikiran, en kedokteran. Nggak mungkin ditulis di sini semua kan?! Novel-novel beliau antara lain, Nurullah, Qatilu Hamzah, en Umar Yadhharu fil Qudsi. Kalo syair, beliau pernah nulis Kaifa Alqaka?, Madinatul Kabair, en many more. Trus, di bidang kritik sastra, beliau nulis Al-Islamiyah wal Madzahib Al-Adabiyah, Iqbal Asy-Syair Ats-Tsair, en so on. Trus, kalo drama, karya beliau tuh Ala Aswari, Dimasq, Nahwa Masrah Islami, en so on. Belum lagi dalam bidang kedokteran, beliau pernah nulis Alghidza’ wash Shihhah, Ad-Din wash-shihhah, en banyak lagi.

Pastinya, karya-karya beliau musti disebarluaskan, emang kenapa? Ya iya lah, di awal kan kita udah ngemeng-ngemeng soal kurangnya pengetahuan kita ama sastrawan muslim en karyanya. Lagian, orang kayak dokter Najib neh diserang abis ama sastrawan-sastrawan sekuler, modernis, en propagandis westernisasi, yang udah terwarnai ama peradaban Barat en jadi murid-muridnya orientalis!!

Akhir Hayatnya

Abis 24 taon balik ke Mesir, dokter Najib mengisi hari-hari terakhirnya dengan sabar en mengharap pahala dari Allah. Ia akhirnya meninggal dunia tanggal 5 Syawal 1415 H, atawa tanggal 6 Maret 1995 M. ia disemayamkan di Mesir. Setaon sebelum wafat, beliau sempat dianugerahi sebagai Pelopor Novel Islam oleh Asosiasi Sastra Islam. Najib Al-Kailani kena penyakit berat en nggak kunjung sembuh, padahal udah berbulan-bulan, bahkan hampir setaon. Nggak ada seorang pun tau sejauh mana tingkat keparahan penyakit beliau coz emang sengaja dirahasiain dokter. Hanya istrinya yang sabar, en anaknya yang juga dokter yang selalu menemani beliau. Raja Arab Saudi sampe memberi perhatian khusus buat upaya penyembuhan dokter Najib di Rumah Sakit Khusus Riyadh.

“Mesir, kemarin dan hari ini, merupakan pusat penerangan Islam ke seluruh dunia. Karangan ulama dan pemikir Islam di sana menjadi bekal rujukan umat Islam di penjuru dunia. Gerakan Islam terbesar di pertengahan abad dua puluh yang apinya dikobarkan Imam Asy-Syahid Hasan Al-Banna menjadi pelita setiap aktivis di medan dakwah Islam.” (Dr. Najib Al-Kailani dalam Lamahat fi Hayati)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s