Yuk, kita senam!

Posted: September 28, 2012 in Uncategorized
Tags: , , ,

Belajar Senam, Senam, Yuk Kita Senam, Senam Untuk Kesehatan, Kesehatanremajaislampos—SENAM merupakan olahraga gerak tubuh yang berguna banget buat ngelatih kekuatan, kelenturan, keseimbangan, kekuatan, en kecepatan. Dudes, kalo kita rutin ngelakuin senam, insya Allah, kesehatan en kesegaran  tubuh kita akan terjaga. Nah, sekarang, gimana cara biar bisa ngedapetin kegunaan-kegunaan tersebut. Banyak gerakan senam yang bisa ente lakuin. Nih, tangkep…

Pertama, gerakan ngelatih kekuatan otot-otot badan.
Gerakan ini punya manfaat untuk nguatin otot lengan, bahu, en tungkai Contoh gerakan ini yaitu gerakan Pull Up. Caranya, berdiri deh di bawah palang (bisa besi, kayu, or tiang jemuran). Kalo udah, tekuk lutut kita trus lompat megang tiang melintang tersebut dengan posisi kedua tangan nekuk en punggung tangan ngehadap ke depan. Abis itu, angkat badan kita pelan-pelan sampe dagu kita sejajar ama palang tersebut. Selanjutnya, tinggal dilakuin berulang kali.

Selain Pull Up, gerakan senam lainnya yang bisa nguatin otot yaitu gerakan jongkok berdiri (yang dilakuin selang-seling). Gunanya buat ngelatih kekuatan otot kaki.  Trus bisa juga dengan ngelakuin lompat kodok, en gendong temen or orang-orang I rumah secara bergantian.

Kedua, gerakan senam yang bisa ngelatih kelenturan tubuh.
Antara lain yaitu gerakan meliukkan tubuh. Untuk gerakan ini style-nya bebas, terserah kamu. Mau dilakuin sambil berdiri dengan ngayunin badan en kedua tangan yang posisinya ngehadap ke atas, or bisa juga dilakuin sambil duduk. Nyang pasti, gerakan senam seperti ini berguna banget buat ningkatin fleksibilitas otot tubuh.

Selain itu, bisa juga ngelakuin gerakan membungkukkan badan dengan ngembaliin posisi badan menjadi tegak lurus sesudahnya. Lakuin juga gerakan ini berulang-ulang. Oh ya, berbagai latihan gerakan peregangan badan juga bisa ngelenturin otot-otot kita.

Ketiga, gerakan senam yang bisa ngelatih keseimbangan badan
Banyak banget sarana yang mudah didapet buat ngelakuin gerakan ini. Misalnya dengan berjalan di atas pinggir jalan yang permukaannya tinggi dengan kelebaran yang sempit, or bisa juga dilakuin dengan berjalan di atas balok kayu yang panjang. Selama berjalan, usahain agar badan kita nggak jatuh or goyang.

Latihan keseimbangan ini penting banget dilakuin buat mempertahankan keseimbangan badan, baik pada saat kita bergerak or pada saat kita diam. Kalo kita lagi berada di kendaraan umum, en sambil berdiri pula, efek dari ngelakuin gerakan senam keseimbangan ini pasti akan berasa banget.

Selain itu, latihan keseimbangan juga bisa dilakuin di permukaan yang datar dengan cara, sebelumnya kita bikin garis lurus. Trus, kita berjalan nyusurin garis lurus itu dengan cara berjingkat. Untuk latihan yang satu ini usahain juga agar badan kita nggak jatuh or goyang.

Nah, kapan lagi ngedapetin manfaat gede buat kesehatan tubuh cuma dengan cara yang simpel. Makanya, yuks kita senam lagi… [Awie]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s