Hallo Roro, Virus Patah Hati

Posted: September 28, 2012 in IPTEK
Tags: , ,

Patah Hati, Broken Heart, Virus Roro, Virus Patah Hati, Hallo Roro, Rororemajaislampos—LAGI asyik ngetik, eh tiba-tiba muncul si Hallo Roro? Uhhh, pegel deh hati ini. Apaan sih si hallo Roro itu? Virus ini sebenarnya sudah cukup lama beredar. Diciptain oleh seorang mahasiswa komputer di Yogya.

Seperti sifat virus pada umumnya, nih nggak akan menyebar bila nggak dijalankan. Nah, di sinilah kelihaian roro yang bisa menyamarkan dirinya dengan memakai ikon microsoft office word sehingga terlihat seolah-olah dia adalah sebuah file .doc. Hebatnya lagi, nama file yang dipakai pun bisa berubah-ubah; Misteri, Jangan Di Buka, Puisi Cinta, dll. Kalau dibuka—biasanya bisa jalan pada MS office word—Isinya adalah semacam puisi-puisi cinta yang kalo diperatiin seperti suara hati seorang yang sedang patah hati. Faktanya, menurut desas-desus yang ada, si pembuat memang pernah patah hati setelah putus sama pacarnya. Mungkin roro adalah nama pacarnya itu?

Kalo Ente nemuin file seperti ini, entah itu dikirimkan teman lewat email atau tiba-tiba saja ada di dalam disket—komputer yang sudah terinfeksi bisa otomatis ‘memindahkan’ file ini ke disket—jangan pernah dibuka sebelum Ente yakin ke-suci-annya. Perhatikan tipe filenya dulu. Ikonnya memang icon .doc tapi tipe filenya .exe (application). Ciri lainnya adalah ukuran file yang 56 KBytes. So, waspadalah!

Nah, kalau kompi Ente terlanjur dijangkiti si roro ini, nggak ada cara lain selain membasminya. Pada kompi yang tertular, roro akan otomatis dijalankan pada start up. File ini ada pada direktori C:\Windows\System\SysTask.exe dan nggak bisa di-delete begitu aja karena sedang digunakan oleh Windows. Dimatikan lewat msconfig pun nggak mungkin, karena dia udah mengunci applikasi ini. Begitu juga dengan regedit. Jalan satu-satunya adalah menghapus file ini lewat disket booting dengan perintah del. Tapi selain caranya berbelit-belit dan rumit, sebenarnya ada tool ampuh yang dapat mencari dan menghapus semua file yang dideteksi sebagai roro secara otomatis dari kompi Ente. Removal ini bisa didapatkan di Jasakom. Ente bisa langsung men-downloadnya.  Selanjutnya Ente tinggal menjalankan tool ini dan mengetik perintahnya. Misalnya Ente ingin melakukan scan pada drive c, cukup ketik c lalu enter, dst. Setelah selesai, reboot kompi Ente dan jangan lupa untuk membersihkan msconfig dan entry pada regedit. []

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s