Berlajar Renang!

Posted: September 23, 2012 in TIPS & TRICK
Tags: , ,

Belajar Renang, Cara Berenangremajaislampos—RENANG merupakan olahraga yang gampang-gampang susye dilakuin. Gampangnya, tinggal nyemplung aja di air yang luas en lumayan bersih lah. Susyenya, kalo dalam berenang cuma bisa gaya batu (mendem di air aja gitu). Itu juga mending, lha kalo malah tenggelem gimana dong?

So, makanya kita belajar berenang. Emang sih, Pren, yang namanya renang itu butuh ekstra ketekunan. Mesti latihan setahap demi setahap, dari latihan mengapung, meluncur, sampe gape sama semua gaya-gaya berenang yang ada.

Yang perlu diinget sih, renang itu juga merupakan salah satu olahraga yang dianjurin sama Rasulullah saw, lho, di samping memanah en berkuda. Jadi, kayaknya nggak mungkin deh, kalo rasulullah cuma iseng-iseng aja nganjurin olahraga ini, pastinya banyak manfaat yang di dapet dari berenang, kan? Misalnya aja, olahraga renang merupakan obat penyakit asma.
Makanya, yuks kita latian berenang.

Latihan Ngapung Dulu, deh….
Kunci dari latihan ngapung ini adalah ketenangan. Rileks aja, Dudes! Coz dengan sikap yang rileks bisa memudahkan kita dalam berlatih. Jangan panik, ya. Soalnya kalo kamu panik, bisa aja tuh kamu ngerasa tenggelam, padahal kamu berada di kolam renang yang cetek. Nah, untuk menghindari rasa panik takut tenggelam, lebih baik kamu belajar mengapung tidak jauh dari pinggir or dinding kolam, sehingga kalo ada apa-apa, bisa langsung pegangan sama dinding kolam tadi.

Usahakan juga ketika berlatih mengapung di air ini, posisi badan kita lurus, yaitu dari kepala sampai kaki.

Selingi dengan Latihan Gerakin Kaki
Sambil latihan ngapung di air, biar nggak bosen, bisa juga diselingi sama latihan gerakin kaki.

Caranya yaitu, mula-mula letakin tangan kita pada dinding or pinggiran kolam, dengan posisi badan menghadap ke dinding. Trus, angkat deh badan kita ke atas sehingga seluruh tubuh, mulai dari tangan, kepala, bokong, en kaki dalam keadaan lurus or istilah renangnya “stream line”. Setelah itu, gerakin kedua kaki kita dari atas ke bawah secara bergantian dengan sumbu gerakan berpusat pada pangkal paha.

Perlu diinget juga neh, Pren, yaitu bahwa gerakan kaki kita mesti lentur, nggak kaku. Lakuin juga latihan ini dengan gerakan perlahan-lahan. Baru deh, kalo udah benar-benar bisa nguasain gerakan ini, latihannya bisa dilanjutin dengan mempercepat frekuensi gerakan.

Latihan Meluncur
Bro’en Sis’, kalo latihan mengapung di air en gerakkin kaki kita udah bagus, yuks kita beralih en langsung ngaplikasiin kedua gerakan itu ke gerakan meluncur.

Caranya, berdirilah pada tepi kolam dengan membelakangi dinding kolam. Kemudian posisikan kedua lengan kita tegak lurus dengan posisi badan. Setelah itu, tempelkan salah satu kaki ke dinding sehingga badan kita akan mengambang. Selanjutnya, ayunkan kaki ke atas dan ke bawah dengan berporos pada pangkal paha. Gerakkin kaki tersebut bisa ngakibatin badan kita terdorong or bergerak ke depan.

Lakuin latihan meluncur ini berulang-ulang dari satu sisi kolam ke sisi kolam lainnya. Bisa juga sih, ente gunain pelampung or papan peluncur. Tapi jangan keterusan ya, bukan apa-apa, hari gini nyewa pelampung lumayan mahal, belum lagi tiket masuk kolam renangnya. Lagi pula kalo keasikan pake pelampung, kapan bisa gape berenangnya.

Nah, kalo udah benar-benar nguasain gerakan meluncur ini, bisa dilanjutin lagi dengan gerakan or gaya berenang lainnya, seperti gaya bebas, gaya kupu-kupu, gaya katak, gaya punggung, gaya banget da ah pokoknya….

Berenang Juga Pake Etika!
•    Usahain sebelum berenang, kita warming up atau pemanasan dulu, Pren. Hal ini untuk ngehindarin keram otot.
•    Terus, jangan lupa juga untuk ngisi perut sebelum berenang. Emang sih, kalo diliat-liat, kayaknya olahraga yang satu ini nggak begitu nguras tenaga (Ye…, bandinginnya sama tarik tambang en panjat pinang ya? Pantes.) Padahal sih, Pren, berenang juga banyak ngeluarin tenaga. Gerakan badan, tangan, en terutama kaki yang terus-menerus bisa bikin tubuh kita lelah.
•    Pake pakaian yang pantes en sopan. Terutama buat ente-ente yang cowok nih. Pake celana ngelebihin lutut ye, or celana panjang juga oke tuh. Trus, buat yang cewek-cewek, lebih baik, bahkan kayaknya harus deh, untuk milih kolam renang yang save. Pan sekarang banyak tuh kolam renang khusus cewek, oke? Trus, pakaian juga mesti sopan en menutup aurat juga ya! [Awie]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s