Metamorfosis Kupu-kupu

Posted: September 17, 2012 in IPTEK
Tags: , ,

Kupu-kupu, Metamorfosis Kupu-Kupu, Pertumbuhan Kupu-kupuremajaislampos—SIAPA nggak suka kupu-kupu? Minimal ngeliatnya? Mahluk ciptaan Allah swt yang satu ini emang luar biasa indahnya. Selain itu juga, secara metamorfosisnya kupu-kupu bener-bener ngajarin proses “puasa” yang sempurna kepada kita manusia—golongan yang berpikir.

Apa sih yang bikin kupu-kupu tuh begitu anggun? Pernah nggak ente perhatiin, gerakannya lembut banget, sayapnya pun begitu indah? Coba bandingin dengan binatang sejenis lainnya kayak lalat, kumbang, capung, dan lainnya yang terbangnya cenderung grasa-gurusu.Kupu-kupu termasuk dalam kelompok serangga dari bangsa Lepidoptera. Jadi jangan heran, rentangan sayap kupu-kupu nan cantik itu cukup bervariasi, dari 5-27 milimeter. Sayap ini dilapisi rambut dan sisik dengan susunan saling menutup, dan jika dipegang bakal menempel pada tangan. Coba ingat-ingat, berapa jenis kupu-kupu yang pernah ente liat? Kalo banyak, emang banyak. Yang pasti, di dunia ini terdapat sekitar 15 ribu jenis kupu-kupu.

Kupu-kupu memiliki siklus hidup yang unik. Siklus hidup itu terdiri dari empat tahap yaitu: telur, ulat (larva), pupa, dan imago (dewasa). Perubahan bentuk ini disebut—seperti yang udah disebtuin–metamorfosis. Jadi, sesudah kawin, kupu-kupu betina dewasa biasanya bakal bertelur, dan meletakkan telurnya pada pucuk-pucuk tumbuhan. Nah, sekitar dua minggu sampai satu bulan kemudian, telur itu menetas menjadi larva, yang disebut ulat.

Umumnya, ulat mengalami lima kali pergantian kulit. Sebelum ganti kulit terakhir, ulat bakal berhenti makan. Yang itu tadi, ngejalani “puasa”. Ia mencari tempat aman untuk berubah menjadi pupa. Pada tahap ini, ia bakal menempel pada dahan dengan benang sutra yang keluar dari kelenjar ekornya.

Tahap pupa, sering disebut sebagai tahap istirahat. Namun di dalam kulit kerasnya, sebenarnya pupa sedang mengalami perubahan luar biasa yang diatur oleh hormon. Periode pupa berlangsung selama dua minggu sampai beberapa bulan, bergantung pada jenisnya. Pupa yang sudah siap menjadi kupu-kupu bakal berganti warna sesuai dengan warna sayap yang bakal terjadi.

Setelah benar-benar siap, kulit atau bagian luar dari pupa bakal mengelupas lalu muncullah kupu-kupu. Saat baru muncul, sayap hkupu-kupu masih melipat dan mengkerut. Permukaannya pun masih begitu lembut dan lemah. Biasanya, kupu-kupu yang baru ‘lahir’ ini bakal merayap mencari tempat untuk bergantung selama beberapa menit. Nah, setelah sayapnya mengembang sepenuhnya, makhluk indah inipun sudah siap terbang.

Mahabesar Allah, yang sanggup menunjukkan kebesaran dan keagungan pada apa aja [Indah]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s