Akhwat, Olahraga Dong….

Posted: September 7, 2012 in BAUT
Tags: , , ,

akhwat, olahraga, remajaislampos—Iya dong… (he…he…, sebenarnya ini pengingatan juga buat diri pribadi!). Lagian, kenapa juga sih akhwat doang yang disuruh olahraga, kenapa ikhwan nggak disuruh juga… (lha, kalo ikhwan mah kagak pake disuruh olahraga juga udah jalan ndiri. Liat aja tuh, ba’da sekolah, rame-rame pada ngejabanin kaki buat nendangin bola di lapangan). Selain itu, misalnya nih ya, kalo nemu sungai, simpel banget kan bisa langsung berenang, tapi kalo akhwat kan mesti liat-liat keadaan, mesti jaga diri. Intinya, kesempatan ikhwan buat berolahraga itu lebih luas dari pada akhwat. Bukan berarti, akhwat kok jadi repot banget cuma buat olahraga, tapi inilah yang harus dijadiin tantangan, gimana menyiasatinya untuk bisa olahraga dengan save, tapi masih punya waktu juga buat ngurusin kerjaan rumah.

Repotnya nih, kalo akhwat udah ngegunaian dalih ngelakuin pekerjaan rumah yang emang biasa dilakuin akhwat, sebagai olahraga hariannya. Misalnya aja dengan nyapu halaman, ngepel, nyetrika, en pekerjaan rumah lainnya, udah dianggep juga sebagai olahraga. Padahal sebenarnya, hal-hal tadi rasanya kurang pas disebut sebagai olahraga, meskipun ngeluarin keringet-keringet juga sih. Kenapa begitu? Soalnya pekerjaan rumah yang notabenenya rutin dikerjain itu sering banget dikerjain dalam suasana yang kurang rileks en ngelakuinnya dengan gerakan badan yang kurang variatif. Padahal yang namanya olahraga paling enak tuh dilakuin dengan rileks, biar hasil yang didapat pun jadi oke.

Rasa lelah yang dialami sehabis olahraga pun berbeda dengan rasa lelah yang dialamin sehabis ngelakuin kerjaan rumah. Rasa lelah yang didapat itu biasanya malah bikin otot-otot kita terasa lebih luwes en seger. Jadi, kira-kira olahraga apa neh yang bisa dilakuin tanpa ngurangin tugas untuk ngebantu nyokap di rumah.

Push up, sit up, jumping jack, kayaknya udah wajib, kudu, harus, mesti, dilakuin setiap harinya. Cuma, ada olahraga juga yang simpel dilakuin, dan emang olahraga ini di Indonesia sangat digemari. Apaan tuh? (dibaca dengan logat Jaja Miharja juga boleh. Biar smangat!). Olahraga yang satu itu…, apalagi kalo bukan bulu ayam, eh bulu tangkis…

Duh, olahraga yang satu ini padahal simpel banget ya dilakuin. Cuma butuh raket, kok, sama lawan buat maen. Tapi kalo nggak ada lawannya, tembok rumah juga bisa digunain untuk mantulin shuttle cock. Tapi yang jadi masalah nih kalo nggak ada lahan yang pas buat maen bulutangkis. Sebenarnya nggak usah mempersulit masalah, Pren (yee, sapa juga yang mempersulit? Su’udzan nih. Ya maap…). Kita bisa kok ngegunain lahan atau jalan di depan rumah buat maen bulutangkis. Tapi liat-liat juga ya, deket jalan raya atau nggak? Kalo iya, lebih baik cari tempat yang lebih save buat maen bulutangkis.

Waktu yang tepat

Buat kita-kita nih pelajar, yang udah keluar rumah kira-kira setengah tujuh pagi en balik lagi ke rumah kira-kira setengah tujuh juga, malem tapinya (aktivis soalnya) tapi nggak juga deng, mesti bisa nyari waktu yang tepat buat maen bulutangkis, jangan sampe kerjaan rumah jadi terbengkalai. Nah, hal ini bisa disiasati dengan mulai maen bulutangkis setelah shalat subuh en tilawah, kira-kira jam lima pagi sampe setengah enam. Abis itu mandi en nyiapin sarapan buat berangkat ke sekolah. Ngelakuin olahraga yang satu ini nggak mesti lama-lama kok, asal dilakuin rutin aja, insya Allah bisa bikin badan fit lagi. Dan yang terpenting, ternyata kita masih punya waktu kok buat ngebantu ibu nyiapin sarapan.

Output yang didapet

Bulutangkis itu adalah olahraga yang ngandelin ketangkasan kaki dan tangan. Kadang-kadang badan kita juga dipaksa lompat-lompat untuk ngatasin bola –bola yang melambung. Nah, karena yang diandelin adalah gerak tangan , kaki, en badan, otomatis en isnsya Allah olahraga yang satu ini bermanfaat banget buat seluruh tubuh. Jadi, jangan tunda lagi olahraga ini… []

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s