Tips supaya gak badmood saat “dateng bulan”

Posted: September 5, 2012 in AKHWAT ZONE
Tags: , , , ,

Badmood, Dateng bulan, haid, Cara Mengatasi Badmood, Fuck Badmood, Bete, BTremajaislamposAPA coba yang dirasain kalo pas lagi “dateng”? hmm, segambreng deh pokoknya. Bawaannya nggak mudeng melulu kan? Wajar aja lagi. Inilah yang dinamakan premenstrual syndrome. Mau ngapa-ngapain juga susah. Walopun sebenernya hal itu cuman sugesti aja, tapi kalo kitanya nggak ada efforts atawa usaha, yah susah juga sih.Nah, berikut ini adalah tips untuk menghalau “bad mood” yang mengganggu produktivitas dan kreativitas kita.

 1. Olahraga

Dengan melakukan gerakan-gerakan olahraga hingga berkeringat, zat endorphine akan dikeluarkan oleh tubuh. Pengeluaran zat kimia alami tubuh ini membuat tubuh merasa nyaman karena zat ini tergolong zat yang bersahabat buat otak dan juga dapat menghilangkan rasa sakit. Itulah kenapa orang yang senang olahraga selalu keliatan fit dan happy.

 2. Ketawa

Ketawa untuk alasan yang nggak lucu dan sendirian kadang susah dilakukan. Tetapi nggak berarti nggak bisa. Jika memang nggak ada obyek yang bisa membuat kita tertawa, paksakanlah untuk tertawa (gila kali yak?). Ambil cermin, lihat diri sendiri dan tertawalah. Nggak perlu berpikir bahwa kita sedang melakukan hal konyol. Katakan bahwa kita sedang mengendalikan perasaan nggak enak dalam diri kita. Orang bijak bilang “orang yang sehat adalah orang yang mampu menertawai dirinya sendiri.”

 3. Relaksasi

Relaksasi banyak macamnya. Ada yang membayangkan suasana pantai yang indah dengan empasan ombak dan embusan angin menerpa wajah. Atau membayangkan suasana pegunungan yang hijau asri dengan bunyi air terjun yang menerpa batu-batu. Atau membayangkan apa saja yang kita sukai. Ada juga relaksasi otot, yaitu dengan menegangkan dan mengendurkan otot-otot. Coba tegangkan otot-otot di tubuh kita, rasakan otot yang menegang itu. Lalu kendurkan perlahan-lahan. Rasakan bedanya ketika dalam keadaan tegang dan kendur.

 4. Nangis

Menangis, salah satu cara mengurangi ketegangan. Dengan menangis, zat-zat yang nggak baik buat otak seperti adrenalin yang menyebabkan ketegangan dan kecemasan bisa berkurang karena ikut keluar bersama air mata sehingga kita akan merasa baikan.

 7. Berpikir positif

Perasaan-perasaan negatif umumnya berasal dari pikiran negatif. Apa yang kita pikirkan akan memengaruhi perasaan kita. Maka, untuk mengubah perasaan-perasaan negatif itu kita bisa melakukannya dengan mengubah isi pikiran kita. Pikiran-pikiran negatif digeser ke pikiran yang positif. Misalnya dengan mengingat hal-hal yang menyenangkan. Bisa juga dengan mengingat impian-impian atau cita-cita kita.

 8. Curhat

Pergilah ke salah satu teman dan berceritalah. Dengan bercerita, beban kita akan terkurangi. Pilihlah orang yang benar-benar bisa kita percayai dan bisa mendengarkan sehingga kita merasa aman untuk bercerita. Ceritakan apa yang membuat kita bad mood.

 9. Tidur

Dari beberapa tips di atas, kita bisa coba semuanya lalu tentukan mana yang lebih efektif buat kita. Dengan begitu kita nggak akan lagi dikuasai oleh emosi-emosi negatif sehingga kita nggak perlu bad mood lama-lama. right? [Ummu Haura]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s