Back to Volley

Posted: September 3, 2012 in Uncategorized
Tags: , , ,

remajaislampos.com—Waktu lomba tujuh belasan di RT, bukan cuma balap karung or panjat pinang aja yang bisa narik tambang, eh, narik massa. But, ada juga salah satu jenis olahraga yang bisa bikin tua-muda, kaya-miskin, terawat dan tidak terawat (apaan, sih?), tumplek bek jadi satu. Olahraga apaan tuh, nyang berani-beraninya tebar pesona ame kite-kite?

Tenang, tenang, nggak usah tolak bala, eh, tolak pinggang gitu, dong. Nyang pasti, nih olahraga udah familiar banget di telinga kita (satu keluarga gitu, ama telinga? Alah!).

Hmm…, pasti semuanya pada nggak nyangka deh, kalo olahraga yang dimaksud itu adalah permainan bola voli (Iye, bener-bener nggak nyangka, saking biasanya. Padahal, kayaknya, di intronya, heboh banget gitu…). Eits, jangan salah dulu, ternyata nih olahraga punya teknik-teknik yang mesti diterapin biar pewe maininnya.

Teknik-teknik maen voli

Ada beberapa teknik main voli yang mesti diterapin sama pemainnya, yaitu teknik pass dan servis. Kalo untuk teknik pass sendiri, cuma dibutuhin kemampuan yang pas-pas-an sih (Maksudnya tuh, pas disuruh ngoper bola dengan baik, ya dioper dengan baik, gitu lho…). Orang-orang, biasa nyebut teknik pass ini dengan passing. Teknik pass yang berarti pengambilan tangan atas, atau bahasa mudahnya sih, cara pemain ngadepin bola yang dateng ke arahnya, dibagi menjadi dua, yaitu teknik pass atas dan teknis pass bawah.
Teknik pass atas terbagi jadi tiga yaitu teknik pass dengan sikap normal atau sikap biasa, teknik pass atas dengan berguling ke samping (wadoh…, kungfu gitu?), teknik pass atas dengan meloncat, dan teknik pass atas dengan setengah berguling ke belakang.

Kayaknya, tekniknya cadas-cadas gitu. Makanya, seorang pemain voli emang dituntut untuk nguasain gerakan or  teknik dasar main voli, seperti jalan, lari, jengket, loncat, berputar, en berguling.
Trus, buat teknik pass  bawahnya juga nggak jauh beda. Ada teknik pass bawah dengan sikap normal atau biasa, pass bawah dengan berguling ke samping, pass bawah dengan terjun ke depan, dan pass bawah dengan setengah berguling ke depan.

Teknik SERvis

Nah, untuk materi selanjutnya (alah, kayak lagi ikutan mentoring aja…) adalah tentang teknik servis.  Sama kayak teknik pass, teknik servis juga dibagi lagi jadi beberapa, yaitu under arm service (yang dilakuin dari arah bawah). Pada teknik ini, tangan yang akan memukul bola harus lurus dan kencang, siku jangan bengkok sampai bola terpukul lepas. Trus, tinggi bola yang akan dilepaskan oleh tangan kita, dapat disesuaikan sama kebutuhan kita.

Teknik yang kedua yaitu front service, yaitu servis yang dilakukan dari arah depan. Terus, ada juga teknik hock service atau smash service. Untuk ngelakuin teknik yang satu eni, emang diperluin energi yang lumayan gede.  Soalnya untuk ngelempar bola, kita mesti loncat-loncat segala setinggi mungkin.
Nah, itu dia teknik-teknik dalam bermain voli. Kalo belum bisa nerapin dengan baik, ya… pelan-pelan aja dipelajarinnya. Maen voli itu sendiri, merupakan salah satu olahraga yang simpel banget sarananya, kita cuma butuh bola voli sama lahan yang lumayan luas. Tapi kalau ada net-nya malah lebih ok lagi. Selamat bermain en berlatih ya…[Awie]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s