The Dont’s & Do After Work Out

Posted: August 23, 2012 in DID YOU KNOW?
Tags: , , , , , ,

remajaislampos—WELL, olahraga sekecil apapun itu, pasti aja bikin keluar keringat. Kecuali olahraga catur yang emeng bener-bener ngasah kemampuan otak. Nah, emang seger kalo keringat kita bisa sedemikian terpompanya. Selain emang juga bisa bikin tubuh kita jadi bugar.

Tapi orang Indonesia gitu lho, kadang olahraga yang udah dilakuin secara kurang maksimal  kurang dapet perhatian yang cukup? Emangnya kenape? Hmm, sok aja coba liat dan juga ngaku aja, pastinya sehabis olahraga kita cuek melakukan hal apa aja yang kita rasa enak. Bener kan? Selain emang udah dari dulu , sejak dari kecil kita nggak pernah tau aturan olahraga, he he he..padahal, ada imunya juga brur.

Nah, dibawah ini ada beberapa hal yang boleh (do) dan nggak boleh (don’t) kita lakukan sehabis olahraga. Apa aja, ayo kita kemon…

JANGAN MINUM AIR ES.

Ngaku aja nih, kayaknya ini yang paling sering kita lakukan. Nggak dimana-mana pokoknya sama aja. Setelah lari-larian dan gerak badan yang lain emang bawaannya so pasti hauusss mulu! Dan untuk itu yang paling terbayang adalah minum air es! Emang sih, kita  bakalan  ngerasa adem en seger. Tapi sesungguhnya dengan menenggak air es setelah berolahraga—apalagi di tengah-tengah jeda—sangat nggak dianjurkan. Bisa-bisa terjadi pergolakan yang amat hebat. Bukan nggak mungkin juga kita malah jadi ngerasa sakit ulu hati.

Sebaiknya minum air putih.

Ini  memang yang paling dianjurin dalam kondisi gimanapun. Kalo pas olahraga disranin banget. Air putih—yang nggak panas—bisa ngilangin rasa dehidrasi akibat terlalu banyak bergerak. Air the manis bisa juga jadi alternative—tapi jangan yang dingin atawa yang panas.

JANGAN LANGSUNG MAKAN

Kalo nekat, bisa nggak enak lambung. Minimal 30 menit lah dari semenjak olahraga kita bisa makan berat-berat kayak batagor, pangsit atawa bakso.

Sebaiknya:

Makan buah-buahan. Terutama pisang. Para atlet bisa melakukan hal itu.

JANGAN MENEKUK KAKI

Ini juga jadi salah satu hal yang sering banget kita lakukan kalo abis berolahraga, iya kan? Menekuk atawa melipat kaki. Padahal dengan setelah kaki kita bergerak begitu dinamis (baik itu main bola, tenis meja, beladiri, atawa badminton), kaki kita butuh kondisi yang rileks. Emang, menekuk kaki berasa rileks, tapnya lumayan berbahaya. Bisa-bisa urat-urat betis kita ketarik dan kitanya jadi kram. Lebih parah kalo nggak pemanasan dulu.

Sebaiknya:

Lebih aman diselonjorin aja sambil duduk-duduk. Ini yang paling enak. Sambil minum air putih , ngasih kodisi tubuh yang santai, supaya efek penggerakanya bisa diredam perlahan-lahan. [awie]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s