Sampah Dan Rakyat Negeri Susu

Posted: August 22, 2012 in SHOUT UR MIND!
Tags: , , , , , ,

remajaislampos.com—SUATU kali, seorang raja disebuah negeri menyuruh rakyatnya buat ngumpulin susu. Nggak banyak sih. Setiap rakyat Cuma diminta dua gelas susu aja. Jelaslah, dua gelas susu dari semua rkyat yang ada di seluruh negeri kalo dikumpulin bakalan jadi satu danau juga mungkin.

Tapi, celkanya, ternyata, ada seorang diantara rakyat, Cuma satu orang aja nih yang berpikiran seandainya aja dia nyerahin dua gelas air tajin (air bekas bersihin beras yang akan dimasak), tentunya nggak bakalan ketauan. Yah, kan bakalan tercampur sama jutaan gelas susu yang lain.

Keesokan hariny alangkah terkejut dan murkanya si raja ketika ngedapetin kalo ternyata limpahan susu yang ia minta semuanya berupa air tajin bekas cucian beras! Das! Ternyata, semua rakyat, tanpa ada diskusi dan persetujuan secara kolektif, berfikiran yang sama.

CERITA dia atas mungkin cocok juga engan sikap dan prilaku kita terhadap sampah. Jujur aja, kita sering kali nggak menganggap penting dalam membuang sampah. Kita sering menganggap remah sampah sekecil bungkus permen. Lung, lempar begitu aja kita sama bungkus permen. Ah, Cuma kecil ini kok! Nggak bakalan jadi ngeganggu!

Padahal coba kalo kita ini berpikiran sama kayak rakyat negeri susu, aka nada segunung sampah bungkus permen. Ngaruh banget kan? Ya iyalah, coba kalo ada 40 orang temen sekelas kita yang berpikiran seperti itu bakalan ada 40 sampah. Kalo ada 100 orang, maka 100 sampah bungkus permen pula. Itu baru bungkus permen. Gimana pula dengan botol bekas minuman misalnya? Atau yang lainnya.

Kita ini emang termasuk bangsa yang paling parah dalam urusan membuang sampah. Dibandingin sama negra-negara lain, Indonesia tuh paling kotor. Kalo hamper disetiap Negara, ada tuh yang namanya protection—yang  artinya kurang lebih suatu kota atau wilayah bener-bener dilindungi banget kebersihannya, sampe kalo ada yang buang sampah sembarangan bakalan beneran didenda. Nah, di Negara kita ini dimana coba? Semuanya pasti ada sampah. Bvahkan di India sekalipun ada juga wilayah itu. Jangan deh dibandingin sama Negara Singapura.

UNTUK pelajar kayak kita rasanya sama aja. Kita juga walopun udah jadi anggota rohis tapi tetep aja seringkali nggak sadar buang sampah sembarangan. Di halaman masjid, di jalan, di sekolah! Ngaku aja begitu kan? Sampahnya itu sendiri udah beragam. Dari surat cinta buat anak yang sekolahnya siang, sampe kertas contekan, plastik makanan, atawa bungkus permen!

Perilaku dan value suatu bangsa seringkali bisa dinilai dari hal-hal kecil yang dilakuin oleh banyak orang dan tiap hari. Yok deh, mulai sekarang kita jadiin Indonesia kta tercinta ini jadi Negara bersih secara fisik dulu. Buang kek sampah ke tempat sampah yang udah disediain yang pasti udah ada dimana-mana. Jangan sampe perilaku buang sampah bungkus permen aja bakalan nbikin kita nggak jauh beda sama rakyat negeri susu! [N. Hasanah]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s