semut vs gajah

Posted: August 14, 2012 in DID YOU KNOW?
Tags: , , , , , , ,

remajaislampos—DUDES, pasti kalian udah nggak asing lagi dengan binatang imut yang satu ini, ukurannya emang mini banget en sadar nggak sadar kalo jenis serangga eusosial yang berasal dari keluarga Formisidae ini sering banget kita temui di pohon, di rumah, dimanapun.

Namanya adalah monomorium destructor atau dalam bahasa Indonesia berarti semut. yap, semut sering kali kita jumpai di mana saja, bahkan terkadang kita sering membunuhnya, hayo ngaku?

Dan kalian tau nggak sih kalo semut itu telah menguasai hampir seluruh bagian tanah di Bumi. Hanya di beberapa tempat seperti di Islandia,Greenland dan Hawaii, mereka tidak menguasai daerah tesebut. Di saat jumlah mereka bertambah, mereka dapat membentuk sekitar 15 – 20% jumlah biomasa hewan-hewan besar.Subhanallah.

Eits, jangan pernah ngeremehin soal tenaga si semut ini yak, karena walopun ukuran tubuhnya yang relatif sangat imut alias kecil, semut adalah hewan terkuat kedua didunia. Semut jantan mampu menopang beban dengan berat lima puluh kali dari berat badannya sendiri (wadoh, bisa-bisa Ade Rai kalah neh he he he..), kalo  dibandingin ama gajah yang cuma mampu menopang beban dengan berat dua kali dari berat badannya sendiri.

Bukan cuma itu aja jak, semut juga punya punya indera penciuman yang tajam semut ngegunain indera penciuman sebagai penunjuk jalan menuju  tempat makanan.

Tapi, bukan Cuma semut sih,  contohnya anak kambing ngegunain hidungnya untuk mencari induknya yang berada diantara kambing-kambing lainnya. Dan anjing kalo di perhatiin kalo lagi jalan selalu sambil meng-endus-enduskan hudungnya. Magsudnya jelas untuk membaui, apakah tempat itu bau otoran anjing lain. Sementara bagi marmot, indera penciumannya membantunya untuk ngebedain antara marmot jantan en marmot betima. Subhanallah. [indra/remajaislampos]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s