remajaislamps.com—KALO nanya anak-anak SMP ama SMA tentang penting nggak sih punya facebook  sama  twiter, rata-rata mereka jawab “Hare gene gak punya facebook atawa twitter? Hmm, katro ah secara ini tahun 2012 masa gak punya dua jejearing sosial yang setenar, seheboh, serame kayak gitu! Kalo istilah jaman sekarang mah tuh orang kamseupay (iuughhh… hahaha)”

Emang nggak bisa dipungkiri, mau nggak mau, siap nggak siap, ngerti nggak ngerti kita, manusia jaman sekarang udah nggak bisa lepas dari dunia Internet.  Mau makan nge up-date dulu, mau mandi nge tweet dulu, jalan-jalan click!! Difoto dulu terus di share di facebook atawa twitternya masing-masig.

Internet sendiri dulu nih waktu jaman jadoel digunain para tentara Amerika untuk kepaentingan berperang. Dari waktu ke waktu Internet mengalami perkembangan yang begitu pesat sampe akhirnya sekarang  segala aktivitas  di dunia ini tidak jauh-dari Internet.

Maka jangan heran kalo sekarang ini di facebook atawa twitter kita dengan mudahnya nemu orang-orang yang ngegalau di DUMAY (Dude Herlino dan Naysila Mirdad) lho? Hhe nggak deng, Dunia Maya magdsudnya. Mereka kalo lagi kesel sama seseorang udah pasti mengerutu di facebook atau nggak nge-tweet di twitter, bahasanya juga udah nggak terkontrol segala macam di tulis, penghuni kebon binatang di absen satu-satu (udah kayak sekolahaan aja yak? Hehe).

Miris juga sih sebenernya, dengan adanya tekhnologi yang udah sangat maju ini anak-anak khususnya remaja-remaja Indonesia udah banyak yang nggak bener, coba aja bayangin anak umuran SMP udah rame banget ngomongin kasus si Ariel tempo waktu. Mereka juga dengan mudah mengakses bahkan meng-download file-file porno ke HP-nya. Ckckck!

Yang lebih parah lagi, banyak anak gadis yang masih berstatus pelajar  hilang diculik oleh orang yang dikenalnya di facebook, belum lagi kasus penipuan yang rame tempo lalau, mahasiswi yang berparas cantik, memanfaatkan facebook untuk melancarkan aksi jehatnya, ia menipu banyak orang yang di janjikan akan mendapatkan keuntungan gede dari bisnis pulsa yang dijalaninnya.  Heuh, parah kan?

Dibulan Ramadhan ini juga, banyak anak-anak yang  lebih milih maen game onlain ketibang sholat tarawih di mesjid, ini ane liat sendiri, dari rumah mereka pamitan ke mesjid mau sholat tarawih di Masjid, pas nyampe pertigaan bukannya ke Masjid malah mampir dulu ke warnet. Lagi-lagi ini akibat Internet yang kayaknya udah nge-jajah anak-anak Indonesia, apa jangan-jangan kita juga termasuk? Naudzubillah…

Dan yang paling menghebohkan sekarang-sekarang ini  kabarnya facebook menyediakan fitur khusus untuk kaun Gay atawa kaum hombreng alias homosexual. Das!! Apa jadinya negeri ini kalo anak-anak penerus bansanya dari sekarang aja udah kena virus-virus kayak gitu?

Disini peran ortu adalah yang paling utama setelah sekolahan dan lingkungannya, coba deh mendingan kita curhat ke keluarga kita sendiri dari pada ngoceh nggak puguh di di facebook ama twitter! Sang ortu juga harus bisa mengerti  tentang anaknya, inget! Jamannya sang ortu udah beda jauh sama jaman anak-anak jaman sekarang. Maka dari itu orang tua harus berusaha menjadi ‘temen’ bagi si anak, ajak mereka untuk curhat tetang kegiatan apa aja yang terjadi disekolahannya, atau di tempat lesnya.

Yang nggak kalah penting juga adalah AGAMA. Yap, kalo anak udah dididik agamanya dari sejak usia dini, insyaAllah deh tuh anak nggak bakalan jadi korban keganasan dumay (serem banget yak bahsanya! Haha). Kita-kita juga nih sebagai anak, harus bisa mengontrol diri kita, jangan sampai kita terjerumus ke dalam hal-hal negatif dari Internet.  Gunain Internet untuk menambah wawasan kita (wawasan yang positif yak!!), sebagai sarana dakwah. Pake Internet untuk hal-hal yang bisa bikin orang tua kita bangga. Semoga kita bukanlah anak-anak yang terjangkit virus negatif dari Internet. Amin. [indra/remajaislampos]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s