Tulang: Satu Bagian Banyak Gunanya

Posted: July 28, 2012 in IPTEK
Tags: , , , ,

remajaislampos.com—Secara fisik apa sih, sebenernya yang paling penting dalam tubuh kita? Yah, well, semuanya juga seenernya penting banget. Namanya juga satu unit jelas aja kalo ada salah satu yang ilang, bakalan mempengaruhi kinerja tubuh. Tapi dianara sekian banyak organ, bodi kita tuh paling memerlukan tulang. Hah, tulang siapa? Tulang siboru? Yee, itu mah paman dong dalam bahasa Batak… he he he ..
Oke, emang selain tulang, tubuh kita juga masih perlu daging. Tapi masih kebayang kan kalo manusia tuh boleh aja berdaging tipis, tapi nggak bisa deh bertulang keropos, apalagi kalo ngak ada tulangnya sama sekali. Emang, tulang adalah salah satu bagian penting pada tubuh manusiadan hewan. Tau dong kira-kira apa jadinya kalo tubuh kita nggak memiliki tulang? Wah, pasti sulit ngebayanginnya. Yang jelas, tanpa tulang, tubuh manusia akan ambruk.
SUSUNAN TULANG DAN MANFAATNYA
Tulang-tulang yang saling terhubung lalu membentuk kerangka, membuat tubuh kita bisa berdiri tegak. Selain itu, tulang juga berguna untuk memberi bentuk, melindungi organ-organ dalam yang penting. Misalnya aja, tengkorak merupakan pelindung otak, sementara tulang rusuk berguna untuk melindungi paru-paru dan jantung. En kita juga perlu tau, bahwa tulang merupakan alat gerak yang penting, walupun bersifat pasif. Kok bisa? Iyalah, soalnya dengan tulang, tubuh kita jadi mempunyai semacam penyangga yang kuat gitu lho.
Lalu kayak apa sih tulang itu? Hmm, tulang terdiri atas sel-sel hidup dan mineral, terutama kalsium, fosfat, serta kolagen. So, karena itu, supaya tulang kita tetep sehat dan terhindar dari penyakit Osteoporosis (pengeroposan tulang), disarankan untuk terus mengkomsumsi makanan dan minuman yang banyak mengandung kalsium. Banyak lho, makanan dan minuman kita sehari-hari yang kaya akan kalsium. Apa contohnya? Susu dan aneka produk lahannya, ikan teri, kacang-kacangan, hati dan sayur-sayuran. Kedengerannya ngak enak? Ya itulah, sebenernya banyak makanan yang kurang begitu oke secara rasa tapi mengandung manfaat yang luar biasa bagi tubuh kita.
BEDA TULANG BAYI, DEWASA DAN MANULA
Dibanding tulang adikn bayi yang baru lahir, tulang dalam tubuh kita jauh lebih kuat. Maklum aja, pada adik bayi, tulang yang ada umumnya merupakan tulang rawan. Makannya, nggak sembarang tuh orang bisa megang-megang atawa gendong si dede. Namun, seirimg dengan perjalanan waktu, tulang rawan tadi berudah menjadi tulang yang keras.
Bagaimana dengan tulang kakek atau nenek? Pada orang yang udah berusia lanjut kayak mereka, tulang cebderung makin rapuh, dan mudah patah. Kayak bayi lagi? Nggak juga sih. Coba bedain aja antara tulang rawan dan tulang rapuh.
O ya, disamping kegunaan tulang seperti yang sudah disebutkan di atas, tulang juga memiliki manfaat yang sangat besar dalam ilmu pengetahuan seperti ilmu forensik, arkeologi, dan biologi manusia. Kenapa bisa begitu? Soalnya tulang kan organ tubuh yang paling kuat. Hal ini dimungkinkan karena tulang (pada orang yang udah mati) sering kali terhindar dari kerusakan sehingga bisa digunakan untunk mengidentifikasi umur, jenis kelamin, ras, tinggi badan, penyakit, budaya dan sebagainya. Misalnya aja, sisa-sisa tulang dari manusia purba. Dari tulang belulang yang sudah berumur ribuan tahun ini, para ahli bisa memperkitakan sebab-musabab kematian, atau budaya yang berjkembang ketika anusi purba itu hidup.
MAHA besar Allah, yang udah menganugerahkan kita tulang sebagai pelengkap hidup kita. [] Indah

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s