Ngiris Bawang Tanpa Nangis

Posted: July 26, 2012 in AKHWAT ZONE
Tags: , , ,

 remajaislampos—NGIRIS bawang merah suka aja deh bikin kita jadi nangis bombay (nah lho, apaan tuh?). Bawang merah emang ampuh bikin mata kita jadi pedih. Anehnya, bawang bombay dari India malah ngga begitu, padahal dalam film-film India, selalu aja bikin kita sedih dan jadi nangis. Atau paling ngga, film India selalu aja ada adegan tangis-menangisnya (lha, ini apaan juga?). Soyi, soyi …. Makanya dari itu, walo sepele, perlu juga ya kita punya ilmu supaya kalo ngiris bawang tuh kita ngga akan sesenggukan. Maklum lah, ngiris bawang selalu aja identik dengan perempuan…. Inilah beberapa tips untuk mengurangi iritasi mata dari bawang : 1. Tindakan yang paling gampang adalah menjaga jarak mata dengan bawang saat dikupas. Semakin jauh jaraknya, semakin berkurang gas asam sulfoksida amino sampai ke mata. 2. Basahi tangan dan bawang sebelum mengiris bawang. Ini membuat sebagian gas asam sulfoksida amino dalam bawang bereaksi dengan air yang membasahi bawang dan tangan kita. Membasahi wajah juga membantu mengurangi iritasi tersebut. 3. Bernapaslah perlahan-lahan sesekali dengan mulut. Bernapaslah cepat dan dari hidung mempercepat gas asam sulfoksida amino sampai di mata. Beberapa orang menggigit roti saat mengiris bawang, sehingga aliran udara ke hidung ngga mempercepat asam sulfoksida amino sampai ke mata, disamping itu roti juga menyerap gas tersebut. 4. Kupaslah lapisan kulit terluar bawang, dan dinginkan beberapa menit dalam kulkas. Temperatur yang rendah mengurangi reaktif enzim alinase dan sulfida. 5. Hindari mengucek mata saat terasa pedih, karena hanya akan menambah iritasi. Kalau terpaksa musti mengucek, bersihkan tangan dan sirami mata dengan air. Kalau dirasa ngga cukup, bersihkan pakai sabun dengan hati-hati. Semoga bermanfaat, dan selamat mencoba ! [] Ummu Haura

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s