17 Coolest To Do In Things Fasting Month

Posted: July 20, 2012 in BAUT
Tags: , , , , ,

remajaislam.com—RAMADHAN bukan bulan musiman yang Cuma numpang lewat begitu aja. Udah pada tau yang namanya bulan puasa tuh bulan nimba pahala, kan? Emm… buat ente yang nggak sependapat, coba deh ikutin or laksanain tujuh belas kegiatan oke di bawah ini yang pasti nggak bikin ente garing lagi ngejalanin puasa! Sepuluh kegiatan ini REMAJAISLAMPOS ngacak atau random , jadi bukan berdasarkan prioritas lho. Artinya, itu semua pilihan ente mo ngikutin yang mana dulu. So, have a nice fasting month, guys!

1.sanlat atawa pesantren kilat

Hare gini sanlat never been borring! Percaya deh, kalo ente jadi panitia sanlat, coba bikin rtangkaian acara sanlat yang nggak ngebatesin pesertanya. Misalnya, porsi games en simulasi disamain ama materinya. Juga pilih pembicara yang nggak terlalu monoton gitu. Percaya deh, berapa lamanya tuh sanlat digeber, peserta nggak bakalan kabur. Jangan takut juga bikin gebrakan yang oke, misalnya sekali-kali cari pembicara yang oke en komunikatif.

Nah, kalo ente yang jadi pesertanya, ente kudu fokus en bener-bener ngejalanin apa yang udah panitia buat. Yang nggak kalah penting juga, ente gali abis tuh ilmu dari pemateri, misalnya dengan cara bertanya soal hal-hal yang ente nggak ngerti. Percaya deh, keaktifan ente bakal ngebawa warna laen buat peserta laen, termasuk menambah rasa percaya diri ente juga kan?!

2.jadi panitia pengumuman zakat fitrah en Shalat Ied

Kalo yang ini pasti ente pada ngantri dah! Dijamin! Gimana enggak, kalo jadi panitia pengumpulan zakat atawa amil zakat, ente bakalan dapet insentif atawa bagian dari zakat. But, bukan itu tujuan utamanya. Ente kudu paham dulu amanahnya. Ingat, nggak semua orang gape ngurusin zakat, Cuma orang-orang yang amanah aja lho yang bisa.

Nah, kalo jadi panitia sanlat led juga sami mawon keuntungannya. Buat ibadah pentup di rangkaian kegiatan ente di bulan Ramadhan, nih gawean termasuk signifikan juga buat ente. Walopun nggak dapet keuntungan materi tapi ente puas en bangga hati bisa ngebantu ngerapiin shaf sholat en ngumpulin amal. Pokoknya asyik deh. Tapinya jangan pernah berhenti di sini yah, justru ini sebuah awalan buat ente biar jadi hamba yang kebih baek lagi.

3.ngirim kartu lebaran ke temen-temen yang jauh

Pren, ente termasuk orang yang gampang ngelupain temen lama? Jangan deh. Makanya puasa en lebaran sering menjadi momen yang tepat buat ngirimin surat atawa kartu lebaran ke temen-temen ente yang jauh. Inget tuh, temen dari TK en SD udah berapa lama nggak ketemu ama ente? Nggak keitung juga temen-temen SMP ente en tetangga ente yang dulu? Coba deh, selain bisa manjangin umur kita, ngirim kartu lebaran atawa silaturrahim bisa bikin Ukhuwah Islamiyah  kkta tambah erat. Jangan Cuma SMS aja lho coz ‘ruh’nya nggak ada gitu, nggak nge-rock ajah.

4.BAKSOS atawa bakti sosial

Ramadhan tuh jadi motivator kita buat terus berbuat kebaikan buat terus berbuat kebaikan en inget sama sesama, terutama yang ngebutuhin pertolongan. Makanya, baksos jadi kegiatan yang pas buat ngatasin persoalan umat. Coba sekali-kali ente konkert ngebantu mereka dengan ngebagiin sembako atawa pakaian layak pakai, en so on. Nyari tempatnya juga jangan ngasal ya, coba cari lokasi yang warganya bener-bener butuh bantuan kita secara ekonomi.

5.Aksi Ta’jill Massal

Nah, ini kayaknya yang rutin dilaksanakan di bulan puasa. Bagi-bagiin Ta’jill atawa makanan kecil buat berbuka pastinya ngebuat rekening pahala ente meroket. Udah tau kan hadist rasul yang berbunyi, “Barang siapa yang mmeberi buka (makan) orang yang berpuasa, maka ia memperoleh pahala seperimpahala orang yang berpuasa tanpa mengurangi sedikitpun pahala orang yang berpuasa itu.”dahsya kan man?!

6.Saur On The Road

Jangan mo kalah ama artis en selebritis! Niatan ente buat bikin acara saur on the road pastinya musti ikhlas bukannya mau disorot pake kamera dong.

7.Nonton Bareng Film Islami

Nonton bareng di bulkan puasa? Kemapa enggak? Bro, sekarang tuh udah banyak film Islami yang bisa ente tonton bareng temen-temen. Misalnya yang paling laris manis tuh Children of Heaven, ada juga The Messenger, dan ,asih banyak lagi yang lainnya.

8.Bedah Buku

Nih acara busa duilakuin di acara sanlat lho. Buat bikin fresh acara bedah bukunya, mending undang narasumber asli alias penulis bukunya langsung. Ada beberapa penulis muda yang bukunya bisa jadi referensi di bulan Ramadhan ini. Misalnya Shofwan Al-Bana dengan Ramadhan is Dead-nya.

9.Bikin Pamflet Ramadhan

Nah, sebelum puasa bergulir, ente en friends sosialisasiin datangnya bulan Ramadhan. Caranya? Bikin pamflet atawa selebaran-selebaran Welcome Ramadhan, marhaban yaa Ramadhan, en so on, terserah kata-katanya apa, yang penting isinya ngingetin temen-temen kalo Ramadhan bakalan dateng! Jangan  lupa kerja bakti mushola sekollah ente en masang spanduk Ramadhan. Pokoknya, berhias dulu sebelum si ‘dia’ dateng.

10.Bikin Jadwal Imsyakiyah

Yang narsis, di sini nih tempatnya. Di jadwal imsyakiyah yang ente buat, cantumin tuh nama ente or organisasi tempat ente bernaung. Ceeilah, narsis banget! Buarin, brur! Yang penting kan  niatnya, betul nggax?!

11.Tilawah Minimal 1 Hari 1 Juz

1 juz dalam Al-qur’an itu terdiri atas 10 lembar. Nah, kalo kita nargetin dalam sehari mbisa tilawah 1 juz, maka biusa disiasati dengan tilawah 2 lembar or empat halaman Al-qu’an setiap habis shalat fardhu. Yang perlu diperhatiin sih, buat ente-ente kaum muslimah, kayaknya kudu ngelebihin standar tilawah yang tadi itu, soalnya ada hari-hari buat kaum muslimah, nih, dimana mereka nggak dibolehin untuk tilawah en beberapa ibadah laennya. So, dengan ngelebihin standar tilawahya, insyaAllah busa nge-khatam-in 30 juz juga di bulan Ramadhan.

12.Ngapalin Surat-surat Dalam Al-qur’an

Sebagai contoh en lumayan mudah diapalin, yaitu ngapalin surat-surat yang ada di juz 30. Untuk ngapalinnya, bisa dilakuin diwaktu senggang, misalnya ketika kita di perjalanan di bus or angkot. Selain itu, bisa jiga dilakuin sebelum tidur. En, biar nggak lupa-lupa surat yang kita apalin itu dibaca juga pas lago sholat.

13.Tarawih Full

Ini dia yang cukup sulit, apalagi kalo siang, sore, en malemnya kita ngelakuin aktivitas yang segambreng, yang bikin mata lelah, kaki pegel en ujunhg-ujungnya jadi bolong-bolong deh ngerjain sholat tarawihnya. Nah, biar bisa full ngerjain sholat tarawihnya, kuncinya ada di diri kita masing-masing, pren. Sejauh mana kita bisa menej diri kita, bisa manfaatin waktu istirahat kita di sela-sela aktivitas, biar sholat tarawih bisa kita jabanin juga. OK?!

14.Qiyamul Lail

Seharusnya, di bulan Ramadhan ini kita juga bisa ngelakuin Qiyamul lail secara full. Soalnya, selama 30 hari di bulan Ramadhan, kita disunahkan bangun sebelum subuh untuk melaksanakan sahur. Nah, itu pan artinya, kita juga dikasih kesempatan sama Allah buat ngelaksanain Qiyamul Lail sebulan penuh, right? Trus, untuk ngelaksanin sholat malam ini  bisa dilakuin sebelum makan sahur.

15.Baca Buku

Biar teteb (pake B) semangat ngelakuin ibadah puasa, bisa jjga didukung dengan membaca buku yang bagus buat santapan rohani, or bisa juga baca buku tentang keutamaan bulan Ramadhan yang insyaAllah bikin Ramadhan kita lebih hidup! Hidup Ramadha…!

16.Sholat Berjamaah Jangan Ditinggalin

Ini juga yang ngak  boleh dilewatin, apalagi sholat termasuk amalan wajib. Udah gitu, sholat berjamaah  pahanya ditinggiin 27 derajat.

17.Infak Setiap Hari

Kagak mesti banyak-banyak, asal ikhlas. Tapi kalo emang mampu berinfak lebih banyak dari biasanya, kenapa juga nggak? insyaAllah, amalan kita akan dibalas sama Allah. Amin. Get ready to rock?>>

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s