Bikin Rancangan Hidup, Now!

Posted: July 19, 2012 in PSYCO-CORNER
Tags: , , , , ,

remajaislampos—MANUSIA mana yang nggak pengin sukses dunia dan akhirat. Hanya manusia bodoh (tapi bukan manusia bodohnya Ada band. Beda orientasi). Nah. Pren, untuk mencapai dua kesuksesan itu, perlu didukung sama ikhtiar, do’a, and then tawakkal.

Di surat Al Hasyr ayat 1 aendiri, Allah udah merekomendasiin kita untuk bikin perencanaan ke depan, perencanaan buat hari esok. Emang sih, manusia itu udah punya takdirnya masing-masing, tapi takdir itu sendiri sebenernya ujung dari ikhtiar kita.

Lantas, hal-hal apa aja yang perlu diperhatikan waktu mau bikin perencanaan hidup kita kedepan?

TAHU SIAPA KITA. Tahu dimana letak kekuatan diri kita, kelemahan kita, peluang yang kita lakuin, en hal-hal yang bisa menjadi ancaman buat kita. Nah, kalo udah memahami diri kita, kita akan mudah ngebuat perencanaan ke depan.

BOLEH IDEALIS, TAPI HARUS REALISTIS. Ini juga yang harus diperhatikan. Terkadang, kita ingin sekali mencapai hal-hal yang kita impikan. Boleh sih untuk membuat perencanaan itu. Akan tetapi, realistis nggak dengan kondisi kita. Bukan apa-apa, ngerinya, kalo nggak kesampaian bisa bikin kita kecewa berat en males lagi  untuk melangkah ke depan…

PERHATIKAN ASPEK LAINNYA, DI SAMPING ASPEK PENGEMBANGAN DIRI KITA. Bukan Cuma diri kita yang harus kita pikirin, tapi hal-hal diluar itu. Misalnya aja orang-orang disekitar kita. Katanya mau sukes di akhirat juga. So, kudu bisa bikin yang lain jadi cinta sama Islam.

BIKIN PLAN B. Ini penting banget, supaya kalo kita gagal di plan A, nggak bikin kita stag en jadi ilfil untuk ikhtiar nge-goal-in rencana kita.

MANFAATNYA BIKIN PERENCANAAN UNRUK NGEMBANGIN DIRI KITA. Satu: punya standar evaluasi perjalanan hidup, dua: hidup jadi lebih terfokus en terarah, tiga: bisa nerapin prinsip-prinsip efisiensi, efektifitas, en optimalisasi, empat: senantiasa ngantisipasi kematian, dan yang ke empat: kita dapet pahala niat. [] Awie

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s