remajaislampos—Orang tua adalah sosok yang wajib kita hormti, terutama sekali ibu kita. Bahkan, sampe ada hadist segala yang nyebutin bahwa keridhoan Allah tuh bergantung pada keridhoan orang tua. Makannya, kita mesti menjaga perasaan orang tua en  jangan sekali-kali menyaiti mereka.

NAMUN, apa jadinya kalau ortu kita tuh susah banget nerima pendapat kita (disangkanya kita masih anak ingusan gitu), apalagi kalo pendapat or tausiyah yang kita sampaikan itu bersmber dari ajaran Islam yang mulia. Mau tau trik-trik yang bisa dilakuin biar ortu “nurut” sama apa-apa yang kita sampaikan? Jabanin deh kiat-kiatnya dibawah eni.

Pertama, letaklanlah  buku-buku yang berhubungan erat  dengan  tausiyah yang kita sampaikan di tempat mereka biiasa duduk-duduk. Misalnya aja, akhir-akhir ini kita lagi gencar-gencarnya ngajaik ibu tuk ngenain jilbab, but beliau sulit banget tuh. Nah, kita bisa meletakan buku tentang kewajiban berjilbab bagi seorang muslimah ditempat beliau biasa bersantai, misalnya aja d ruang TV.

Kedua, berikan alas an-alasan rasional yang sifatnya umum, usahain nggak ngehubung-hubungin dulu sama agama. Misalnya aja, ortu agak-agak rewel kalo kita (akhwat misalnya) pake kaos kaki segala ke warung. Kita bisa bilang, untuk melindungi kaki dari terik matahari en biar nggak belang. Atawa juga bisa juga nyari alas an lain yang lebih rasional. Biar nggak mubadzir  beli kaos kaki misalnya. ;p

Ketiga, dengan mencontohkan secara langsung, kalo perlu, kita nggak  usah pake acara cuap-cuapan segala. Misalnya aja, kita selalu berusaha untuk nggak lepas dari shalat sunnah rawatib setelah ngerjain shalat fardhu, tanpa merengek-rengek ke mereka  untuk ngelakuin hal itu juga.

Terakhir, sengaja melontarkan opini ke mereka. Usahain senatural mungkin, tanpa ada kesan mengguri. Kalau bisa, ketika melontarkan  opini yang kesannya nggak sengaja itu, kita pilih suasana yang lagi nge-friend nge-friend-nya sama mereka.

NAH, pren, insyaAllah kalo  kita ngelakuin hal di atas secara bertahap en dengan permainan cantik pula, ortu akan lebih openmind en mo nerima apa yang dibawa sama risalah Islam yang mulia ini. Keep on trying![] Awie

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s