remajaislampos—Tau Ali bin Abi Thalib dong! Ali tuh nggak tanggung-tanggung disuruh nikah ama Rasulullah pas umur 16 taon! Kalo sekarang, mungkin pas seumuran kita en masih di SMA yak.

KENAPA bisa begitu, nah itu karena Rasul pengen ngarahin potensi yang ada dalam diri pemuda binaannya itu. Gimana dengan kita? Kayaknya rada sulit kalo mau niru langkah Ali yak? Ada juga yang nikah muda, eh karena “kecelakaan” alias hasil dari zina duluan! Pasalnya yah, Sodara-sodara, seperti yang kita tau, kondisi nggak memberi kemungkinan ke arah sana. Jadi gimana dong musti membentengi diri di jaman kiwari ini?

Yang pertama, nih cara sakti banget en ampuh bukan kepalang adalah dengan melakukan shaum (puasa) yang sering. Ini anjuran Rasulullah saw. Karena puasa itu hikmah, dan puasa bisa membendung syahwat atau nafsu birahi. Sabda Rasul, “Hai para pemuda, barang siapa diantara kalian sudah ada kemampuan (fisik dan modal berumah tangga), maka kawinlah karena perkawinan itu bisa menjinakkan pandangan dan kemaluan. Tetapi barangsiapa yang belum mampu, maka hendaknya ia berpuasa, sebab puasa itu bisa membendung syahwat. (HR. Bukhari). Kedua, menghindarkan dan  mengendalikan diri dari berbagai tontonan pornografi dan pornoaksi. Guys, sekarang ini di setiap sudut di negeri ini adalah tempat subur pornografi. Kalo kita nggak kuat ngeniatin diri nolak kayak ginian, bisa-bisa kita hanyut.

 Ketiga, memotivasi diri bahwa waktu adalah nikmat Allah swt yang sangat berharga, dan harus diisi dengan aktivitas yang lebih bermanfaat dan berpahala ketimbang menghabiskan waktu untuk ngelakuin kegiatan yang nggak jelas kayak masterbate. Carilah berbagai aktivitas yang menyibukkan (olahraga, aktivitas keislaman yang lebih bermanfaat bagi diri sendiri dan umat he he he). Sehingga nggak ada lagi waktu luang untuk berfantasi.

 Keempat, bergaul ama lingkungan atawa orang-orang baik en sholeh yang mengingatkan kita untuk selalu berlomba berbuat kebaikan dan menjauhi keburukan. Inget deh, kalo kita gaul ama tukang ikan asin, sedikit banyak kita bisa jadi bau asin. Kalo gaul ama tukang minyak wangi, kita juga bisa kena wangi-wangiannya. Nah, gitu juga dengan temen-temen sepergaulan kita. So, mulai deh liat-liat siapa sebenernya temen-temen kita saat ini.

 Terakhir, jangan lupa beristighfar dan mohon perlindungan Allah swt dari nafsu yang tidak terkendalikan. Kita mungkin emang susah untuk niru Ali bin Abi Thalib untuk nikah muda karena mo nyelamatin potensi. Tapi kalo kita bisa membentengi diri, potensi kita untuk bikin karya pun niscaya bakalan timbul. Bismillah! *** []

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s