Everybody get up….sing it….one…two..three…four…..

Hai Mujahid muda…maju ke hadapan…sibakkan penghalang…satukan tujuan…….

Ar-Ruhul Jadid fi jasadil ummah…hai mujahid luluh lantakkan jiwa pendosa…….

Ketika Yahudi-Yahudi membantaimu…merah berkesimbah di tanah airmu…….

Allahu ma’i…Allahu ma’i…….              

TEMANS, gimana ente nggak jingkrak-jingkrak ngedengerin nasyid or lagu yang semangat gitu? Jangan pada nggak ngakuin kalo ente semua pengennya berdiri en loncat-loncatan pas ngedengerin tuh nasyid, apalagi di konser nasyid… munsyidnya sendiri yang ngajak audiens buat jingkrak-jingkrakan, iya kan? Makin larut dalam suasana aja, nggak ikhwan nggak akhwat, sama semuanya.

 

Spontanitas tanpa Batas

Contoh laen, pernah ikut munashoroh kan? Munashoroh apa aja, misalnya tentang Palestina, keseringan sih panitia pasti ngehadirin tim nasyid. Biasanya yang kayak gini kurang kontrol juga. Tetap aja ada ikhtilatnya (eh, ini kritikan juga buat panitia konser ama munashoroh), emang sih biasanya yang ngelakuin kayak gitu tuh yang udah walimah. Paling nggak, hormatin lah batas-batas yang udah ditentuin panitia (juga sambil ngehormatin yang masih jomblo! He he he …). Panitia juga musti bisa tegas sama yang begituan.

Coba kita sorot tim nasyidnya, ente pernah dateng ke suatu munashoroh yang tim nasyidnya sampe bergaya kayak Michael Jackson atawa penyanyi pop-rock laennya? Gaya seperti ini juga mungkin salah satu evaluasi industri nasyid sebagai pintu dakwah juga. Biar nggak salah nempatin diri, artinya jangan sampe malah diidolakan sama penikmat nasyidnya .

Selaen itu, walopun tempat ikhwan-akhwat udah dipisah, yang namanya menikmati musik, nggak bisa dihalang-halangin. Cara nikmatin musik tiap orang beda. Ada yang kalem-kalem aja, tapi jempolnya goyang. Ada yang ngangguk-nganggukkin kepala (wah, nggak geleng-geleng kan? Itu tripping namanya!!). Ada yang ikut nyanyi sambil tepok tangan. Ada yang semangat banget sampe lompat-lompatan. Nah, kalo gitu, siapa yang bisa ngalangin? Bisa-bisa diaduin ke HAM kalo ente menghalang-halangi orang menikmati musik. Kalo buat ikhwan sih biasa en wajar aja kalo ikut jingkrak-jingkrak sambil takbir, en so on, tapi tergantung nasyidnya juga sih (nggak mungkin kan ngedengerin Tombo ati-nya Opick sampe jingkrak-jingkrak? Kecuali kalo udah ada versi rocknya..hehehe).

Masalahnya Bro en Sis, kalo akhwat ikutan begitu juga, bisa berabe urusannya. Eits…ini bukan masalah gender, ukhti, jadi jangan pada marah dulu. Begini Sis, ente pada ngeh nggak kalo munashoroh biasanya emang di tempat terbuka, hatta di stadion atawa ruang tertutup aja bisa keliatan kalo ada akhwat yang berbuat mencurigakan (MMMmmmaksudnya???!!) apalagi di lapangan terbuka. Bukan masalah ngalangin ente-ente pade dalam menikmati musik, cuma ada baeknya juga perhatiin syariat, ya nggak? Apa kata dunia kalo ngeliat akhwat jejingkrakan pas nonton nasyid?

 

So, what gitu loh?

Males banget emang ngedenger pertanyaan kayak gitu, tapi emang musti diomongin juga. Yah, ada asap, pasti ada apinya (awas kebakaran!!). Ada sebab, pasti ada akibatnya juga. Pertama, gimana caranya ngedengerin nasyid biar funky tapi tetep syar’i (nih jargon kayak pernah denger?! Iya, pinjam jargonnya Justice Voice). Bayangin Sis, musik adalah kumpulan gelombang ultrasonik (weits…bukan tsunami kan?) yang masuk melalui kuping (en nggak bisa kita cegah penyebarannya) en menjalar ke seluruh tubuh yang bisa mengakibatkan otak ente bereaksi tertentu. Jatuhnya ke akhlak emang, gimana ente bereaksi spontan ama suatu keadaan. Ini yang perlu ente kontrol abis. Kalo bisa, ditahan deh keinginan buat ikutan jejingkrakan coz banyak mata memandang, booww!! Salah-salah, ente bisa menjerumuskan orang jadi nggak gawdhul bashar lagi, waduh, gaswat kan? Belom lagi masalah tepok tangan, lebih baek mengepalkan tangan en takbir daripada tepok tangan coz bisa-bisa kebawa kebiasaan di luar Islam.

Lagipula yang kedua, kalo mo jejingkrakan, di rumah aja atawa di tempat sepi, apalagi pagi-pagi ba’da halat shubuh, kan sekalian riyadhoh tuh (senam Ruhul Jadid!). Sebaeknya juga yang ketiga, liat lagi niat kita dateng ke konser atawa munashoroh itu, buat beramal, atawa sekadar nikmatin nasyid? Jangan-jangan niat ente berubah di tengah jalan? Jangan sampe yak! Sama halnya dari tim nasyidnya sendiri, banyak tuh, guys, tim nasyid yang punya fans club atawa komunitas penggemar nasyid. Yang kayak begini sebenarnya berpotensi juga meramaikan industri musik di Indonesia juga bisa ngenalin nasyid ke masyarakat luas. Di sisi laen, bisa juga jadi bumerang lho, terutama buat anggotanya (apalagi kalo lebih banyak akhwat!) bisa bikin beda nggak ama fans club-nya musik laen yang notabene mengusung sekulerisme? Atawa hanya sekadar ngumpul, bicara nasyid, en temu idola? Itu mah sama aja sama yang laen…..  ***

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s