Syeikh Mustafa & Dua Kuda

Posted: June 27, 2012 in TABASSUM

remajaslampos.com—SEBELUM memulai perjalanannya ke suatu tempat, Syeikh Mustafa ternyata musti menambah kudanya. Maklum, secara jaman itu kemana-mana orang Arab musti ngegunain kuda atawa unta. Karena dia orang terpandang dan disegani banyak orang, maka nggak begitu susah untuk membawa dua ekor kuda. Tapi diam-diam, kedua pemilik ekor kuda yang berbeda itu sebenernya nggak begitu ridho juga kudanya dibawa sama sang Syeikh.

“Aduh afwan, Syeikh,” ujar pemilik kuda yang satu, “sebenernya kuda ane nih lagi sakit. Jadi kayaknya sih nggak bakalan begitu kuat untuk menempuh perjalanan Syeikh yang lumayan jauh itu,”

“Dan kebetulan juga, Syeikh,” yang satu lagi segera aja menimpali, “Kuda ane yang eni tuh udah tua banget. Dibawa jalan ke desa sebelah aja dia sering kali mogok.”

Syeikh Mustafa mangut-mangut. Tanpa berpikir lagi, beliau langsung aja berkata, “Kalau begitu, kita adakan lomba balap aja. Kuda mana yang menang, maka akan ane pilih. Setuju?”

Salah satu pengiring Syeikh Mustafa mendekati Syeikh, dan berbisik. “Kayaknya nggak bakalan berhasil deh, Syeikh! Keduanya bakalan memperlambat jalan kudanya masing-masing…”

“Jangan kuatir,” kata si Syeikh dengan tersenyum, “keduanya kita suruh menunggangi kuda musuhnya masing-masing. Tentunya mereka berdua bakalan saling cepet dan pengen cepet sampe ke garis finish!”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s