Poligraf, Berani Coba?

Posted: June 27, 2012 in DID YOU KNOW?

islampos.com—SORRY, ini bukan makanan. Apaan sih Poligraf? Nih benda adalah alat pendeteksi kebohongan. Konon, alat ini banyak dikecam di banyak negara. Asli lho, banyak orang yang berkomentar kalo alat ini sampah, jadi kalo ada yang namanya junk food atau makanan yang nggak sehat, nah kalo Poligraf itu bisa dibilang junk science!!!

Alat ini dipopulerin ama William Morston yang nggak lain adalah seorang Psikolog yang nyiptain Wonder Woman (Tau kan? Itu tuh jagoan perempuan yang pake baju minim banget). Poligraf yang digunain saat ini terbatas di beberapa negara aja seperti Amerika, Israel en Jepang, itu pun karena pengaruh Amrik. Biasanya digunain waktu nanyain penjahat atau buat orang yang ngelamar kerja. Negara yang ngebolehin penggunaan Poligraf biasanya ngehargain Poligraf cuma gara-gara nggak mengancam keselamatan penduduk. Tapi, tetap aja yang namanya kebohongan jadi disamaratain sama kebeneran. Pokoknya nggak jelas yang mana yang bener, yang mana yang salah. Tuh kacau kan urusannya?

Belum lagi metode yang digunain poligraf waktu nguji, bener-bener nggak ada kaitannya ama sains! Sebenernya, alat yang pernah bikin heboh di tahun 1980-an ini emang bener asli cuma tipu-tipuan doang. Poligraf nggak bisa baca pikiran orang, tapi dia bisa mendeteksi reaksi-reaksi tubuh kita dalam menjawab pertanyaan-pertanyaan yang ditanyain sama si penguji Poligraf, or lebih dikenal dengan Poligrafer.

Artinya, so pasti dong kalo orang yang baik waktu dia bohong bakalan keringat dingin, nah itu yang dideteksi sama Poligraf. Belum lagi pertanyaan-pertanyaan yang ditanyain sama Poligrafer, hampir semuanya berisi pertanyaan yang menjurus atau nggak relevan sama sekali. Semuanya cuman siasat si Poligrafer doang buat nipu si peserta tes Poligraf.

Misalnya, setiap orang kan pasti pernah ngelakuin kesalahan kayak bohong waktu masih kecil atau gimana-gimana, nah pertanyaan-pertanyaan kayak, “Pernah nggak kamu bohong?” kayak gitulah yang ditanyain sama Poligrafer. Kalo kamu jujur, Poligrafer bakalan nanya terus hal-hal kayak gitu sampai kamu bohong en keringat dingin. Sebaliknya kalo orang yang biasa bohong, pertanyaan-pertanyaan itu nggak ngefek jadi nggak ada reaksi yang berlebihan atau kelakuan-kelakuan yang aneh kayak gigitin jari, deg-degan and so on. Bahkan, tukang bohong malah lebih jago ngelewatin tes Poligraf ini.

Mudah-mudahan sih negara kita nggak make alat ini, soalnya selain buang-buang uang, juga nggak ada manfaatnya. [Indah/kahfi]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s