Pilih Mana, Sean apa Regina?

Posted: June 27, 2012 in CURCOL REDAKSI

PERTANYAAN  itu, kembali menggedor-gedor di sebuah statsiun televisi swasta dan di banyak media cetak. Apalagi kalo bukan mengenai Indonesia Idol baru taon 2012 ini. Seperti taon-taon kemaren, Idol sekarang pun dibikin heboh—malah jauh lebih heboh dibandingin taon-taon sebelumnya.

Pertanyaannya sekarang, apakah bener keduanya layak jadi idola kamu-kamu? Jawabannya kayaknya jelas sekali: nggak! Selama ini, jujur aja kalo kita udah sering banget dihajar ama paham en doktrin kalo seseorang yang jago nyanyi en maen band, jago maen basket, jago balapan, dan sebagainya itulah remaja-remaja yang punya kelebihan.  Betul juga sih, remaja-remaja seperti itu emang punya kelebihan. Cuma masalah mereka layak jadi seseorang yang dikagumi itu yang musti kita tinjau kembali.

Sebagai seorang remaja Islam, kita sebenernya punya standar sendiri dalam memilih seseorang untuk dikagumi. Namanya juga orang hidup, wajar aja kalo merasa musti punya idola (panutan). Pertama dan wajib hukumnya adalah orang itu musti beragama Islam. Lain dari itu, wah lewat itu. Nggak banget. Jadinya para-para pemain sepak bola kayak Leonel Messi, Cristiano Ronaldo atawa Andrea Pirlo sama sekali nggak masup hitungan. Mesut Ozil? Yah, bolehlah dipertimbangin gitu hehehehe. Gitu juga ama seleb-seleb kayak Lady Gaga, Robert Pattinson, Curt Cobain dan lainnya nggak boleh kita jadiin list. Gimana dengan Che Guevara? Ideologi nih orang jelas-jelas sosialis dan ia juga bukan seorang muslim. Jadi? Pikirin sendirilah.

KITA kembali pada dua orang yang lagi jadi hottest acts of the year. Kalo kita masih peduli ama mereka, masih naro perhatian yang berlebih sampe-sampe berusaha up-dating informasi tentang mereka, bahkan sampe ngedownload atawa bikin kliping tentang mereka, dan bro sampe kirim SMS pula!, kayaknya kita melecehkan identitas remaja muslimnya itu sendiri.

Kalo sekadar tau dan liat doang sih nggak apa-apa. Supaya nggak tulalit. Supaya tau apa yang lagi nge-hype. Hanya batasannya dari awal sudah kita perjelas. Kita tidak akan milih Sean atawa Regina jadi jawara dan atau jadi idola. Sori!

redaksi.remajaislampos@gmail.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s