Empat Tipe Kepribadian

Posted: June 27, 2012 in PSYCO-CORNER

remajaislampos.com—MANUSIA emang pribadi yang unik. Masing-masing punya ciri khas sendiri. Bahkan, orang yang kembar identik sekali pun masih bisa dicari perbedaan di antara keduanya. Subhanallah ya, Allah udah nyiptain makhluk yang nggak sama satu sama lain. Nah, psico corner kali ini mo ngejembrengin dikit tentang empat watak dasar manusia (ini berdasarkan penelitian Florence Littauer dari bukunya yang best seller itu, Personality Plus). Mungkin salah satu dari tipe kepribadian di bawah ini lebih dominan ada pada diri kamu?

Kepribadian sangunis:

Suka ngomong, ngehidupin pesta or suasana, punya rasa humor yang hebat, punya ingatan yang kuat sama warna, secara fisik memukau pendengar, emosional en demonstratif, antusias en ekspresif, periang en penuh semangat, slalu pengin tahu tentang sesuatu, baik di panggung, lugu en polos, hidup di masa sekarang, mudah diubah, berhati tulus, selalu kekanak-kanakan.

Kepribadian melankolis:

Mendalam en penuh pemikiran, analitis, serius en tekun, cenderung jenius, punya bakat kreatif, artistik atau musikal, filosofis en puitis, ngehargain keindahan, perasa banget sama  orang lain, suka berkorban, penuh kesadaran, idealis.

Kepribadian koleris:

Punya bakat kepemimpinan, dinamis en aktif, sangat merluin perubahan, harus merbaikin kesalahan, punya kemauan kuat en tegas, nggak emosional dalam bertindak, nggak gampang patah semangat, bebas en mandiri, mancarin keyakinan dalam dirinya, bisa jalanin apa aja.

Kepribadian  Pleghmatis:

Kepribadian rendah hati, mudah bergaul en santai, diam tenang en mampu, sabar en baik keseimbangannya, hidup konsisten, tenang tapi cerdas, simpatik en baik hati, pinter nyembunyiin emosi, bahagia nerima kehidupan, serba guna.

Pegimane nih, waktu baca empat tipe kepribadian di atas. Mungkin ada yang nyeletuk “ini ane banget nih” dalam hati or ada yang nggak setuju dengan beberapa poin di atas. Yang jelas sih, manusia itu emang punya kelebihan en kekurangan. Sekarang tinggal kita nih, gimana cara ngatasin hal itu. Trus, yang paling penting, dengan kita ngetahuin karakter kepribadian kita sendiri, kita jadi lebih bisa untuk ngadepin en ngelakuin sesuatu dengan baik, termasuk memperlakukan manusia. Kalo kita emang orang yang beriman en ngelakuin sesuatu karna Allah Oriented, insya Allah bisa ngejalanin hidup ini dengan baik, oceh…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s