Beda Handphone CDMA & GSM

Posted: June 27, 2012 in IPTEK

remajaislampos.com–HARE  gene nggak punya handphone? Kata-kata ini emang lumayan jadul. Tapi emang bener banget, sapa coba yang sekarang eni kagak punya HP? Ibaratnya, dari balita sampe lansia juga akrab banget sama yang namanya HP kan hehehehehe [alay bangat kaleee..].

Handphone atawa ponsel bukan barang asing lagi buat ente kan? Dari kalangan atas, menengah, sampe bawah pun udah punya ponsel. Itu karena saking gampang didapet en murahnya harga ponsel sekarang.

Technology in your hand

Nggak heran, vendor atawa produsen ponsel juga jadi kian ketat bersaing dalam memproduksi ponsel. Misalnya, ada vendor asal Finlandia, Nokia (salah satu perusahaan yang nyalurin pendapatannya ke Israel), trus juga ada Motorola, Samsung, Sony Ericsson, Siemens, Casio, etc. Mulai dari ponsel dengan fitur sederhana (yang fungsinya cuma buat nelpon en SMS doang) sampe smartphone (atawa ponsel pintar). Itu kalo diliat dari fitur-fitur yang dimiliki, kalo dari sistem operasinya, ada GSM en CDMA. Awalnya dulu, GSM merajai sistem operasi ponsel tapi beberapa taon belakangan ini CDMA udah semakin banyak juga peminatnya. Belum lagi operator-operator yang jumlahnya nggak kalah banyak, ada Indosat (Mentari en IM3), Telkomsel (Simpati), Excel (ProXL en Bebas), As, en so on. Semua operator itu juga saingan dalam ngasih pelayanan ke konsumennya. Dari harga, jaringan, bonus-bonus, en banyak lagi. Itu semua jadi bikin dinamis dunia perponselan ajah. 

GSM en CDMA

GSM itu singkatan dari Global Systems for Mobile Communications. Nih sistem mulai dikembangin dari taon 1985. GSM termasuk konkretnya teknologi 2G atawa second generation, yaitu sistemnya pake teknologi digital. Teknologi 3G-nya lagi dikembangin sekarang, kira-kira taon 2007 nih teknologi bakal dikenal publik. 3G memungkinkan ente ngeliat lawan bicara di ponsel ente. Operator GSM yang ada sekarang tuh misalnya Indosat, Telkomsel, en Excelcomindo. Kecepatan data yang ditawarin operator-operator berbasis GSM ini cuma 9,6 kbps (kilo byte per second) kalo pake teknologi 2G. Bandingin ama teknologi 3G yang bisa mindahin data sampe 2 mbps (mega byte per second)!

CDMA (atawa Code Division Multiple Access) direken jadi lawannya GSM. Kelebihan CDMA adalah tarifnya yang murah, seperti tarif telepon lokal. Operator CDMA misalnya Telkom (Flexi), Esia, en juga Mobile 8. Kelemahan ponsel berbasis CDMA biasanya nggak nyediain konektivitas. Jangankan Bluetooth en port infrared, kabel data aja nggak disediain dalam paket pembelian. Jadinya, sulit juga kalo ente pengin nge-download ringtone or wallpaper gratisan dari internet.

Fitur-fitur Keren Ponsel

Fitur ponsel yang pasti ada tuh SMS, sekarang mulai berkembang lagi jadi MMS, bahkan juga bisa e-mail. Ponsel berkamera juga banyak dicari selaen yang udah polifonik nadanya. Coz ponsel juga udah jadi bagian dari gaya hidup, nggak heran kalo ponsel sekarang banyak fungsinya. Makin canggih. Contohnya, smartphone atawa PDAphone. PDA atawa personal digital assistant dulunya sekadar komputer saku en asisten pribadi yang nggak dilengkapi kemampuan telepon. PDA sekarang udah dilengkapi kemampuan telepon, jadi bikin rancu konsep PDA en ponsel cerdas ajah. PDAphone sebenarnya pilihan tepat kalo ente aktivis yang punya banyak kegiatan tapi harganya, Bro!! Masih diatas 2 jutaan!

Ponsel sekarang juga manjain penggunanya banget, ada Nokia N-Gage en N-Gage QD yang didesain buat para gamers bahkan ada ponsel yang full music, bisa ngerekam (video en audio), en juga ada yang dilengkapi kamera. Ada juga lho ponsel yang bisa ngedeteksi tekanan darah, tentunya pake alat khusus lagi. Fitur-fitur itu jadi bikin ponsel bukan sekadar alat komunikasi tapi juga mobile entertainment. Beloman lagi kita ngomongin android ama smartphone neh! Bisa bikin kita makin ngiler yak?

Emang sih, dengan segudang ponsel canggih sekarang bikin kita mupeng abis, tapinya sesuaikan lah ama kantong kita juga. Lagian yang musti diingat untuk apa kita punya ponsel kalo nggak dipake buat yang bermanfaat?

Harga handset termurah idealnya sekitar US$30 (kira-kira Rp250 ribuan). Ponsel tersebut dilengkapi fitur standar yaitu phone book yang menampung 250 nomor, merekam 10 nomor dial terakhir atawa misscalled, SMS, en voice mail. Berat ponsel 3,5 ons en dapat dipakai selama 2 jam bicara atawa 50 jam masa standby. [indah/kahfi]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s